Pemeriksaan Gula Darah

Penjelasan selanjutnya setelah Bab Pemeriksaan Kimia Darah maka akang akan coba jelaskan tentang pemeriksaan gula darah.
Gula darah (glukosa) adalah salah satu komponen dalam darah yang sangat berperan penting dalam proses metabolisme dalam tubuh kita, sebagian besar energi yang kita perlukan bersumber dari glukosa selain protein, mineral dan komponen lain tentunya. Jika kita ingin memeriksakan kadar gula darah kita maka ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan, antara lain:
Jenis Pemeriksaan Gula
1.Gula darah sewaktu: dilakukan kapan saja tanpa persiapan puasa, biasanya 1 kali pengambilan darah. Nilai normal gula darah sewaktu 70-200 mg/dL. Hanya saja pemeriksaan gula sewaktu kurang bisa mendiagnosis dengan tepat pada seseorang berpenyakit Diabetes Mellitus (DM) misalnya, karena pada pemeriksaan ini banyak faktor yang berpengaruh seperti makanan, minuman, aktifitas tubuh dll.
2.Gula darah NPP (Nuchter Post Prandial): dilakukan 2 kali pengambilan darah serta urin, sebelumnya pasien berpuasa selama 10-12 jam kemudian diambil darah dan urin ke-1 (darah dan urin nuchter/puasa), pasien kemudian makan dengan porsi sewajarnya, setelah selesai makan mulai lagi berpuasa selama 2 jam (dihitung setelah selesai makan) kemudian diambil darah dan urin ke-2 (darah dan urin post prandial/setelah makan) maka berakhirlah proses pengambilan darah dan pasien boleh makan lagi tentunya he he. Nilai normal gula darah puasa 70-110 mg/dL sedangkan gula post prandial 100-140 mg/dL.
3.Glukosa Toleransi Test (GTT) : secara umum sama dengan pemeriksaan Gula NPP, perbedaannya adalah setelah diambil darah dan urin ke-1 pasien tidak makan tetapi minum glukosa dengan kadar yang telah ditentukan (75%). Terkadang dokter meminta pengambilan darah 3 kali dengan interval 1 jam, jadi pasien diambil darah dan urin puasa, 1 jam dan 2 jam setelah minum glukosa.
Pemeriksaan gula darah dengan cara kedua dan ketiga untuk saat ini cukup bisa diandalkan untuk mendiagnosa seseorang dengan penyakit DM. Mengapa saya katakan “untuk saat ini”? karena semakin banyak parameter yang lebih baik dari sekedar pemeriksaan gula darah untuk menentukan diagnosa penyakit DM pada masa yang akan datang.
Dalam pemeriksaan gula darah harus juga diperhatikan aktifitas tubuh sebelum diperiksa, puasa pada malam hari sebelum diperiksa darah akan memberikan hasil berbeda dengan kita berpuasa di siang hari, hal ini karena aktifitas tubuh dan metabolisme tubuh juga berbeda. Selain itu juga harus diperhatikan pengaruh obat-obatan, sebaiknya sebelum diperiksa darah kita beritahukan kepada petugas laboratorium jika kita mengkonsumsi obat-obatan sebelum diperiksa darah.
Ceritanya masih lanjuuuuut…next time!

About these ads

Tentang abi_gilang

The ordinary people
Tulisan ini dipublikasikan di laboratorium dan tag , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Pemeriksaan Gula Darah

  1. Adi berkata:

    kalau hasil pemeriksaan, Nuchter = 63 mg/dl….
    artinya apa? terus apa solusinya supaya bisa normal?

    • abi_gilang berkata:

      Hasil gula nuchter (puasa) sedikit dibawah nilai normal tapi tampaknya blm begitu mengkhawatirkan. Sebaiknya segera konsul ke dokter penyakit dalam untuk pemeriksaan yang lebih intensif.

  2. Eni berkata:

    Apakah puasanya harus 10-12 jam saja ? gak bisa dikurangin dikit ?

  3. missi berkata:

    kalau pasien diabetes yg melakukan pemeriksaan gula darah, sebaiknya obat diabetesnya diminum atau ditunda dulu? terimakasih

  4. Ping balik: Glukosa meter « Belajar Kehidupan

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s