Pemeriksaan Lab Hepatitis B


Sejak tahun 2010 WHO (World Health Organization) telah menetapkan setiap tanggal 28 Juli sebagai Hari Hepatitis Sedunia. Setelah terlebih dahulu kita mengenal adanya Hari Kanker Sedunia dan Hari AIDS Sedunia. Hal ini bukan tanpa alasan sebab penyakit yang berkaitan dengan hepatitis ini semakin menjadi masalah global yang dihadapi oleh seluruh bangsa didunia. Sebagai praktisi laboratorium penulis ingin berpartisipasi dengan membuat artikel tentang Hepatitis di blog ini walaupun dengan ilustrasi seadanya. Infeksi hepatitis yang paling menjadi masalah dibidang kesehatan saat ini adalah hepatitis B dan hepatitis C disusul oleh hepatitis A. Tentang perbedaan diantara ketiganya sudah diluar kompetensi penulis untuk membahasnya. Fokus kita kali ini adalah tentang parameter apa saja yang diperlukan untuk mendeteksi adanya infeksi virus hepatitis di dalam tubuh. Infeksi virus hepatitis hanya bisa dideteksi dengan jalan pemeriksaan darah di laboratorium. Metode pemeriksaan yang paling komprehensif untuk semua virus adalah metode PCR (Poly Chain Reaction), pada dasarnya metode ini adalah melipat-gandakan unsur-unsur DNA dari suatu virus dengan suatu cara sehingga bisa dideteksi dan dihitung. Tetapi metode pemeriksaan ini saat ini masih jarang digunakan karena mahal, selain itu juga kurang efektif untuk melayani kebutuhan di tingkat pelayanan publik. Untuk mengatasi masalah ini para ahli telah mengembangkan metode pemeriksaan secara kimiawi dan imunologi. Pemeriksaan kimiawi adalah memeriksa kelainan kimia yang terjadi didalam tubuh jika tubuh terinfeksi oleh zat asing dari luar seperti virus, bakteri dll. Pemeriksaan Imunologi adalah metode pemeriksaan berdasarkan reaksi antigen-antibodi, jika tubuh di infeksi suatu virus (antigen) maka tubuh akan memproduksi suatu zat penangkal virus yang disebut antibodi. Anti bodi inilah yang bisa dideteksi oleh serangkaian pemeriksaan di laboratorium. Metode ini lebih murah dan lebih efisien untuk digunakan untuk pelayanan publik.
HEPATITIS B
Ada tiga pemeriksaan standar yang biasa digunakan untuk menegakkan diagnosa infeksi hepatitis B yaitu:

  1. HBsAg (hepatitis B surface antigen): adalah satu dari penanda yang muncul dalam serum selama infeksi dan dapat dideteksi 2 -8 minggu sebelum munculnya kelainan kimiawi dalam hati atau terjadinya jaundice (penyakit kuning). Jika HBsAg berada dalam darah lebih dari 6 bulan berarti terjadi infeksi kronis. Pemeriksaan HBsAg bisa mendeteksi 90% infeksi akut.
    Fungsi dari pemeriksaan HBsAg diantaranya :
    -indikator paling penting adanya infeksi virus hepatitis B
    -mendiagnosa infeksi hepatitis akut dan kronik
    -tes penapisan (skrining) darah dan produk darah (serum, platelet dll)
    -skrining kehamilan
  2. Anti HBs (antobodi terhadap hepatitis B surface antigen): jika hasilnya “reaktif/positif” menunjukkan adanya kekebalan terhadap infeksi virus hepatitis B yang berasal dari vaksinasi ataupun proses penyembuhan masa lampau.
  3. Anti HBc (antibodi terhadap antigen inti hepatitis B): terdiri dari 2 tipe yaitu Anti HBc IgM dan Anti HBc IgG.
    Anti HBc IgM: – muncul 2 minggu setelah HBsAg terdeteksi dan bertahan hingga 6 bulan.
    -berperan pada core window(fase jendela) yaitu saat dimana HBsAg sudah hilang tetapi anti-HBs belum muncul
    Anti HBc IgG: -muncul sebelum anti HBcIgM hilang
    -terdeteksi pada hepatitis akut dan kronik
    -tidak mempunyai efek protektif
    Interpretasi hasil positif anti-HBc tergantung hasil pemeriksaan HBsAg dan Anti-HBs.

Tulisan tentang hepatitis C dan hepatitis A akan dilanjutkan pada tulisan selanjutnya.

About these ads

Tentang abi_gilang

The ordinary people
Tulisan ini dipublikasikan di laboratorium dan tag , , , . Tandai permalink.

172 Balasan ke Pemeriksaan Lab Hepatitis B

  1. Rina berkata:

    selamat siang kang, langsung saja y, saya ingin menyakan interpretasi dr hasil lab berikut :
    HBsAg reaktif 1845,25
    HBeAg negative
    Anti HBeAg Positive (nilai 0,02 nilai rujukan >0,5 = negatif, < 0,4 = positive) ini menggunakan metode ELFA
    SGOT 19
    SGPT 27
    terimakasih kang.

    • abi_gilang berkata:

      Dengan hasil sperti yang anda sebutkan diatas maka benar bahwa prognosis anda membaik apalagi dengan hasil SGOT dan SGPT yg baik. Ada beberapa dokter yang tidak memberikan obat anti retroviral dengan nilai SGOT/SGPT seperti itu, tetapi itu bisa berbeda bagi beberapa dokter lain. terima kasih.

      • Rina berkata:

        Terimakasih kang, masalahny bukan hasil lab yg membaik, tapi ini hasil lab pertama sy kang, baru beberapa minggu yg lalu sy donor ke PMI, kemudian ternyata ad surat bahwasany HBsAg sy reaktif, kemudian sy periksa dan hasil lab sy demikian.

  2. Yenny berkata:

    Sy terdeteksi HBsAg reaktif 254, tp pd pemeriksaan berikutnya kadang naik kadang turun,penyebabnya apa ya?. GOT dan GPT normal, HBeAg non reaktif, HBV-DNA virus terdeteksi 2,69 x 10^3. Bisakah sy sembuh total? dlm arti HBsAg menjadi non reaktif.Sebab sy tdk boleh registrasi di perguruan tinggi luar negeri jika HBsAg msh reaktif. Kira2 ada tdk obat tradisional yg bisa sy komsumsi?

    • abi_gilang berkata:

      Tipikal hepatitis B seringkali memang begitu, tetapi jangan putus harapan dengan mengikuti petunjuk dokter maka kemungkinan HBsAg negatif sangat mungkin. Apakah anda pernah diperiksa Anti HBeAg?. Jika HBeAg anda negatif dan Anti HBeAg positif maka prognosis-nya baik( HBV-DNA dengan angka tsb menunjukkan replikasi virus msh berlangsung) . Tentang obat tradisional untuk hepatitis ini saya sendiri tidak banyak tahu. Terima kasih.

      • Rina berkata:

        nah kang kasus Yenny di atas hampir sama dg kasus sy, HBsAg reaktif, HBeAg negatif dan Anti HBeAg positive menandakan prognosis yg baik. Biasany terapi antiviral/ vaksin kang?

  3. anna berkata:

    Apa benar hepatitis B bs d smbuhkan?
    Calon suami saya mengidap penyakit hepatitis B selama krng lebih 1,5 th,,
    Dan sudah mngkonsumsi obat,,
    Tp stelah cek lab lg,,
    Trnyata masih mngidap pnyakit itu,,
    Sbenarnya hepatitis B apa benar bs d smbuhkan?
    Mohon reply di email saya,,
    Trm kasih bnyk

  4. Ogas berkata:

    Sore Kang , sy barusan dpat hasil test dr lab yg menyatakan bahwa IMMUNOLOGI HBsAg Reaksi, apakah saya sudah benar2 terjangkit virus Hepatitis B , persoalananya ketika saya cek up kondisi saya saat itu lagi menderita wasir dan mengkonsumsi obat-obatan dari dokter untuk wasir saya, apakah keadaan saya saat itu bisa mempengaruhi hasil dr cek up tsb? Maksih Kang …

  5. rolega berkata:

    assalamualaikum .

    Saya baru saja dapat rangkuman hasil pemeriksaan dr check up kemaren..

    1. Antigen hepatitis b fositif….. Itu maksudnya apa ya ? Terima kasih

    • abi_gilang berkata:

      Kalau Antigen berarti ada infeksi Virus Hepatitis B kalau antibodi berarti ada kekebalan, coba dicek lagi rangkumannya “antigen” apa “antibodi” yang positif.

      • rolega berkata:

        antigen: jadi, apakah bisa di sembuhkan untuk penyakit ini ?

      • abi_gilang berkata:

        Untuk menentukan status penyakit anda harus dicek parameter lainnya seperti Anti HBs, Anti HBc, Anti HBc IgM, HBe Ag, Anti HBeAg dll untuk itu sebaiknya anda segera konsul ke dokter penyakit dalam. Yakinkan hati Bung!! Saya banyak bertemu pasien yang berhasil mengatasi penyakit ini. Semangat!!!

      • rolega berkata:

        kalo periksa hbeag ,untuk apa kang ?
        Apakah penyakit ini sangat menular buat orang yang ada di sekitar saya ? . . .

      • rolega berkata:

        kalo periksa hbeag ,untuk apa kang ?
        Apakah penyakit ini sangat menular buat orang yang ada di sekitar saya ? . . . …

      • abi_gilang berkata:

        Periksa HBeAg untuk melihat aktivitas virus, HBeAg positif menunjukkan tingkat replikasi virus sedang tinggi. Jika kemudian Anti HBeAg muncul itu menunjukkan perbaikan. Salah satu cara mencegah penularan mungkin dengan memisahkan peralatan makan dll. Untuk keterangan lain mungkin bisa menghubungi dokter karena akang lebih fokus dipemeriksaan lab.

  6. Reza berkata:

    Selamat sore mas,begini,,saya kna kemarin pernah nyoba seleksi pramugara lion lalau saya lolos,tiba2 pada saat tahap medical check up saya di nyatakan gagal karena HBSag saya reaktif indeksnya 4140,58 itu maksudnya apa yah??mohon penjelsan?dan apakah itu taraf berbahaya….

    • abi_gilang berkata:

      Itu artinya anda terkena virus hepatitis B dengan tingkat infeksi yang cukup tinggi. Saran saya anda segera konsultasi-kan hasil tersebut untuk dilihat status infeksi anda dengan pemeriksaan lanjutan seperti Anti HBs, HBeAg dan Anti HBeAg sehingga bisa dilakukan pengobatan sedini mungkin.

      • Reza berkata:

        rata2 normalnya HBsAg itu berapa yah mas,dan berapa indek jika kita sudah terkena hepatitis B?

      • Reza berkata:

        dan apakah bisa di normalkan atau disembuhkan jika sudah indek 4140,58?

      • abi_gilang berkata:

        Saya banyak menemui orang yang bisa sembuh kembali setelah terpapar virus hepatitis B malahan tubuhnya membentuk kekebalan terhadap virus tersebut ditandai dengan Anti HBsAg dan Anti HBe dalam tubuhnya positif. Segera saja menemui dokter dan TETAP SEMANGAT.

      • Reza berkata:

        makasih banyak yah mas atas saran dan motivasinya,mohon doanya ^^ sekali lagi makasih banyak

      • abi_gilang berkata:

        Sama-sama…ingat Mas pikiran yang sakit lebih membahayakan daripada fisik yang sakit, dengan pikiran yang sehat akan berdampak baik bagi kemampuan tubuh mengatasi serangan penyakit. Insya Alloh saya ikut mendo’a-kan kesembuhannya..amiiin!

      • Reza berkata:

        makasih yah mas,,,oh iya mas kira2 nih jika saya sudah berobat,apakah virus HBSAg di dalam tubuh saya akan hilang jika saya tes darah lagi,soalnya saya takut banget klo saya melamar pekerjaan lagi dan tes medical saya gagal di tahap tes darah…tolong infonya yah mas .makasih

      • abi_gilang berkata:

        Menghilangkan HBsAg dr tubuh bs memakan waktu cukup lama dng pengobatan, kecepatannya berbeda setiap orang tergantung kondisi tubuh. Jika pengobatan berhasil biasanya timbul kekebalan dlm tubuh namun jika tidak berhasil bisa menjadi kronis atau carrier (tidak kronis tp jd pembawa).

    • Reza berkata:

      wowww serem juga …saya hari ni sudah ambil hasilnya dan hasil HCV saya nonreaktive 0,06..itu apa artinya???maap yah mas terlalu banyak nanya.makasih

  7. ayu berkata:

    sepengetahuan saya mas, yang belum bisa disembuhkan adalah hepatitis B, sedangkan Hepatitis C sudah dapat disembuhkan, mohon di cek kembali
    menurut journal dan referensi yg sudah saya baca pengobatan HBV dengan antiviral hanya 15% kemungkinan sembuhnya sedangkan dengan obat golongan interferon sekitar 45%, tapi belum ada obat yang benar2 menyembuhkan
    tq

    • abi_gilang berkata:

      Memang benar pendapatnya mbak Ayu jika yang dimaksud “penyembuhan” disini mematikan virus. Sepengetahuan akang virus hepatitis C juga tidak bisa dihilangkan 100% hanya pertumbuhannya bisa ditekan hingga tidak terdeteksi. Yang akang maksud hepatitis B bisa disembuhkan adalah seseorang yang terinfeksi dan melakukan pengobatan kemudian timbul anti bodi didalam tubuhnya sendiri sehingga mencapai tahap punya kekebalan. Keterangan akang hanya terbatas dari parameter lab saja jadi kalau ada kekurangan lain mohon dimaklum. Yang pasti akang berterima kasih kepada Mbak Ayu atas koreksinya.

      • anto berkata:

        Kalau Hbs Ag Positif, itu sudah pasti terinfeksi Hepatitis B, Namun jangan Kwatir masih ada tahap selajutnya yang perlu dicek. Tahap selanjutnya yang perlu adalah Tes Darah untuk Mengecek SGOT dan SGPT,Alkali Phosphatase, Gamma GT,Bilirubin Direct,Albumin, Globumin,Bilirubin Indirect itu semua untuk mengecek Fungsi Liver. Kalau hasilnya Bagus baru ketahap pengetesan berikutnya. Yaitu tes darah lagi untuk mengetahui Seberapa banyak replikasi Virus yang ada didalam Darah Yaitu Test Hbe Ag dan Anti Hbe. Kalau Hasil Hbe Ag Negatif/ Non Reactive Artinya : Virus memang ada namun tidak aktif tapi tidak bisa ditularkan pada yang lain Sebaliknya Kalau Hbe Ag Hasilnya Positif/Reactive artinya Virus banyak dan bisa ditularkan pada yg lain. Kemudian Tes Anti Hbe Kalau hasilnya Positif/Reactive artinya bahwa Anti Body didalam tubuh kita Bagus. Sebaliknya Kalau Negatif/Non reactive artinya anti body didalam tubuh kita tidak berfungsi. Itu saja dulu dari saya semoga bermanfaat.

      • abi_gilang berkata:

        Terima kasih banyak Mas Anto atas info yang sangat bermanfaat ini.

  8. yudie berkata:

    baru2 ini sy melakukan medical cek up,dsitu tertulis bhw hasil IMMUNOLOGI HBsAg terjadi reactive 284 pdhl normalnya adlh non reactive..yg sy tanyakan:
    1.bisa dijelaskan apa ksimpulan dr cek up ini?
    2.apa sy mengidap hepatitis B?
    3.smpai taraf manakah ini?
    4.bisa gk di normalkan kembali?dgn cara apa?
    Mohon penjelasannya..trima kasih

    • abi_gilang berkata:

      Kesimpulannya anda terinfeksi hepatitis B, untuk melihat status lanjut dari penyakitnya biasanya anda akan diperiksa HBV DNA (menghitung jumlah kuntitatif virusnya). Untuk melihat apakah ini infeksi akut atau kronis maka akan diperiksa Anti HBsAg, HBeAg, Anti HBc. Setelah semua itu diperiksa nanti bisa disimpulkan taraf penyakitnya. Penyakit Hepatitis B bisa disembuhkan bahkan sampai seseorang mempunyai kekebalan permanen terhadap virus ini (ditandai dengan kadar Anti HBsAg yg tinggi juga Anti HBe).
      Mohon maaf jawaban saya hanya di bidang laboratorium saja sedangkan untuk proses pengobatan tentunya dokter internis yang lebih tahu. Yang pasti anda tak perlu terlalu khawatir , saya banyak menemui orang dengan hepatitis B sembuh total…tetap semangaat.!!!

  9. yunie berkata:

    aku pernah denger klo hepatitis B itu menular dan tidak bisa sembuh tapi kenapa beda dengan penyakit kusta yang sebenernya bisa d sembuhkan dan tidak mudah menular… padahal klo di lihat lebih bahaya hepatitis B sich soale menyerang hati… heeemmm serem dech :(

    • abi_gilang berkata:

      Sebenarnya hepatitis B bisa disembuhkan, yang belum bisa itu hepatitis C. Makasih kunjungannya…!

      • Abdul berkata:

        mas abi,mohon informasinya dong jika memang hepatitis B bisa disembuhkan,obat apa yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut :-( saya saat ini masih terinfeksi virus tersebut.jika mengetahui info penyembuhan penyakit ini mohon dapat diinfokan ke e-mail saya ya mas. saya mulai frustasi dengan adanya virus ini ditubuh saya :-(

      • abi_gilang berkata:

        Penyembuhan hepatitis B tidak seperti penyakit yang disebabkan bakteri yang bisa mati begitu kita meminum obat antibiotik. Berdasar pengalaman yang banyak akang temui, kesembuhan dari hepatitis B lebih dikarenakan respon tubuh yang memberikan reaksi antibody yang baik sebelum status hepatitis-nya berubah menjadi kronis. Jika sudah terlanjur menjadi kronis maka akan lebih sulit penyembuhannya tetapi tetap ada harapan. Yang perlu dilakukan adalah pola hidup sehat yang akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk membentuk antibody dengan baik.

  10. Ping balik: Sekilas Tentang Hepatitis C « Belajar Kehidupan

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s