Pemeriksaan Laboratorium TORCH


Satu hal lain yang ingin akang bagi tentang perjalanan hidup bersama Gilang adalah pentingnya memeriksakan diri sebelum dan selama kehamilan terhadap kemungkinan adanya penyakit infeksi beberapa virus yang dikenal di masyarakat sebagai TORCH. TORCH adalah sekumpulan penyakit yang disebabkan terinfeksinya tubuh oleh virus-virus Toxoplasma, Rubella, CMV (Cytomegalovirus), Herpes I dan Herpes II. Penyakit ini erat sekali hubungannya dengan kehamilan karena seseorang yang hamil dan terinfeksi virus-virus tersebut maka dikhawatirkan akan menyebabkan kerusakan pada janin yang dikandungnya bahkan menyebabkan keguguran.
Masih teringat saat usia Gilang 3 bulan dan diindikasikan adanya kerusakan pada otaknya serta merta dokter menyarankan agar dilakukan pemeriksaan TORCH pada Gilang bahkan akang beserta istri juga diharuskan diperiksa TORCH. Setelah selesai pemeriksaan memang disimpulkan bahwa kelainan yang diderita oleh Gilang bukan disebabkan oleh infeksi TORCH, tetapi dokter tetap menyarankan jika pada kehamilan selanjutnya kami harus tetap memeriksa kemungkinan infeksi TORCH ini mengingat antibodi Toxoplasma dalam tubuh akang cukup tinggi. Pemeriksaan TORCH ini juga penting dilakukan karena sampai saat ini penyebab kecacatan Gilang belum bisa dipastikan.

Pepatah mengatakan “semut diseberang lautan bisa terlihat tetapi gajah didepan pelupuk mata tidak tampak”, mungkin itulah pepatah yang tepat untuk menggambarkan keadaan akang. Sebagai pekerja laboratorium hampir setiap hari dari sejak tahun 2000 akang melakukan pemeriksaan TORCH terhadap sampel darah pasien tanpa pernah terpikir untuk memeriksa darah sendiri. Ternyata saat diperiksa darah akang mempunyai kadar IgG Toxoplasma diatas 1000 UI/mL. Dengan angka tersebut akang mencari saran dari dokter tentang apa yang harus dilakukan dan ternyata pendapat dokter berbeda-beda. Satu dokter mengatakan jika ingin mempunyai anak lagi maka kadar IgG harus diturunkan hingga dibawah 100 UI/mL karena dikhawatirkan berdampak pada janin. Pendapat berbeda dikemukakan oleh dokter lain yang mengatakan IgG tinggi pada ayah tidak akan berpengaruh kepada janin yang dikandung oleh seorang istri, berbeda jika istri yang mempunyai kadar IgG yang tinggi. Dan ternyata pendapat kedua ini yang menjadi kenyataan saat Gilar (anak ke-2) lahir dengan sehat dan tidak mengalami kecacatan apapun. Waktu yang disarankan untuk memeriksa TORCH adalah sebelum memulai rencana kehamilan.
Pemeriksaan TORCH dilaboratorium dilakukan dengan memeriksa adanya antibodi dalam darah berupa IgG dan IgM. IgG adalah antibodi yang didapat dari infeksi yang terjadi lampau sedangkan IgM adalah antibodi yang muncul saat adanya infeksi baru. Nilai normal pemeriksaan TORCH adalah:

  • Anti Toxoplasma IgG : <4  negatif, ≥4-<8  equivocal, ≥8  positif.
  • Anti Toxoplasma IgM : <0.55  negatif, ≥0.55-<0.65   equivocal, ≥0.65 positif
  • Anti Rubella IgG : <10 negatif, ≥10-<15 equivocal,  ≥15 positif
  • Anti Rubella IgM : <0.8 negatif, 1.2 ≥0.8-<1.2 equivocal, ≥1.2  positif
  • Anti CMV IgG : <4 negatif, ≥4-<6 equivocal, ≥6 positif
  • Anti CMV IgM : <0.7negatif, ≥0.7-<0.9 equivocal,  ≥0.9 positif
  • Anti Herpers I IgG : <16 negatif, ≥16-<21 equivocal, ≥21 positif
  • Anti Herpes I IgM : <0.8 negatif, ≥0.8-<1.1 equivocal, ≥1.1 positif
  • Anti Herpes II IgG : <16 negatif, ≥16-<21 equivocal, ≥21  positif
  • Anti Herpes II IgM : <0.8 negatif, ≥0.8-<1.1 equivocal, ≥1.1 positif

Equivocal : nilai ambang batas, terlalu tinggi untuk dikatakan negatif tetapi terlalu kecil untuk dikatakan positif
Jika pada pemeriksaan pertama kali mendapat hasil equivocal biasanya akan diminta pemeriksaan ulang dengan rentang waktu tertentu. Tetapi jika pemeriksaan TORCH dilakukan dalam rangka pemantauan pengobatan maka nilai equivocal tetap bermakna. Sebelum diperiksa darah, pasien tidak mesti puasa kecuali pemeriksaan bersama dengan parameter kimia darah lainnya.

About these ads

Tentang abi_gilang

The ordinary people
Tulisan ini dipublikasikan di laboratorium dan tag , , , , , . Tandai permalink.

162 Balasan ke Pemeriksaan Laboratorium TORCH

  1. mardiana berkata:

    hasil leb aku toxo IgG 93 positif dan anti HVS 1 IgG 1,9 kalo begini saya harus gimana?

  2. maya berkata:

    Saya maya, analis kesehatan juga mas dari KalTim. Infonya sangat bermanfaat, semoga bs saling share topik2 pemeriksaan yg lain juga.. :)

  3. nining berkata:

    tadi kemarin lab, Igg toxo 27(positif), igm toxo negatif, igg anti CMV 24 (positif), igm CMV negatif.,, berpengaruh di janinku gak y? aku lagi hamil 19 minggu…mohon infony, makasih

    • abi_gilang berkata:

      Dengan hasil lab seperti itu nampaknya janin Mba Nining tidak akan terpengaruh. Selamat berbahagia atas kehamilannya, selalu jaga kondisi ya Mba. Terima kasih sudah mampir di blog ini.

  4. andi berkata:

    Kang istri saya habis cek lab, hasil nya Igm nya positif 2,72 tp yg lainnya hasilnya negatif semua.. kira2 dengan kondisi seperti itu gimana ya kang? istri uda mau sekali punya baby

    • abi_gilang berkata:

      Yang positif IgM apa? (tokso, rubella, CMV atau Herpes?). Jika IgM yang positif diusahakan jangan hamil dulu. Sekarang temui saja dokter kandungan untuk mendapatkan obat. Nanti setelah IgM-nya negatif baru boleh hamil lagi. Semangat ya Mas…!

  5. yulianti berkata:

    assalamualaikum.
    sy juga analis laboratorium di salah satu rs di bandung. sengaja googling eh nemu artikel akang yg bikin sy lebih ngerti. jd harus hati hati ni kl nyampling pasien di lab.
    makasih kang:)

  6. Gustia Restu berkata:

    Kang,saya punya anak ke 3 yang menderita Cp umurnya sekarang 3 tahun 2 bulan,saya pengen tahu dimana alamat pemeriksaan TORCH ? Dan saya minta alamat dan no telp nya pak Abeng yang bikin sepatu AFO,saya tinggal di bekasi Makasih Banyak atas Bantuanya
    Mamanya Citra

    • abi_gilang berkata:

      Di lab swasta atau di rumah sakit juga ada pemeriksaan TORCH. Coba saja tanyakan ke bagian laboratorium di rumah sakit terdekat, bandingkan harganya mana yang lebih murah. Untuk no tlp pak bebeng akang belum bisa memberi tahu soalnya hape akang sedang rusak, InsyaAlloh kalo sudah bisa nanti di kirim via e-mail. Terima kasih salam sayang untuk Citra …!

  7. siti aisyah berkata:

    kang, saya habis tes torch hasilnya anti toxo IgG positif 165 sedang IgM 0.28 negatif, anti rubella IgG positif 75 sedang IgM negatif 0.12, anti CMV IgG positif 52 sedang IgM negatif 0.27, dan herpesnya negatif semua. maksudnya gimana ya? perlu berobat atau gak?

  8. iman berkata:

    istri saya IgG toxoplasma positf titer :30 iU/ML
    IgM toxoplasma negatif indeks :0.13
    haruskah istri saya minum obat kang?
    untuk menurunkan IgGke <4 IU/MLapakah obat y?
    istri saya belum positif hamil.

    • abi_gilang berkata:

      Menurut akang pribadi dengan titer Toksoplasma IgG seperti itu tidak perlu terapi obat. Namun untuk lebih meyakinkan sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan aja. Terima kasih.

  9. tias berkata:

    kang mohon penjelasannya,
    Beberapa waktu yang lalu saya melakukan Premarital Check Up dan hasil yang di dapatkan untuk TORCH:
    Anti-Toxoplasma IgG Positif Kons: 48
    Anti-Rubella IgG Positif Kons: 179.3
    Anti-CMV IgG Positif Kons: 1,158.9
    VDRL Non Reaktif

    Apakah hasil tersebut berbahaya? Jika saya hamil apakah akan mengalami gangguan pada janin saya?
    Dan apakah penyebab dari virus2 tersebut serta bagaimana menghilangkannya.

    Sebelumnya terimakasih atas tanggapannya.

    • abi_gilang berkata:

      Hasil Rubella IgG-nya cukup tinggi tetapi bisa diobati koq. Sebaiknya konsul dulu ke dokter kandungan jika hendak merencanakan kehamilan. Sebagian dokter ada yang membolehkan kadar IgG dibawah 100, tetapi sebagian lagi harus < 50. Namun jangan khawatir anda baik-baik saja koq. Yang menjadi masalah jika yang positif adalah IgM dari virus-nya karena hal itu menunkullan anda sedang mengidap virus tersebut. IgG muncul di dalam tubuh karena suatu saat yang lalu anda sempat terkena virus ini kemudian tubuh anda membuat antibodi ( IgG ). Nah antibodi ini yg masih tersisa sampai sekarang.

  10. Tyo berkata:

    Istri saya IGM toxo positif 47, sedangkan igg nya negatif.. klo begitu gmn kang?

    • abi_gilang berkata:

      Istrinya sedang hamil nggak Mas? Jika berencana hamil sebaiknya diobati dulu sampai Toxo IgM-nya negatif. Tapi hasilnya koq tinggi sekali, coba dicek lagi takut kebalik (mungkin yg 47 IgG-nya ? )

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s