Botulinum Toxin for Cerebral Palsy

Setelah tertunda hampir selama 2 tahun akhirnya Gilang bisa mendapatkan suntikan botox (botulinum toxin) yang sangat diharapkan bisa mempercepat keberhasilan terapi yang dilakukan selama ini. Dilakukan di RSIA Hermina Bogor oleh dr Luh K Wahyuni SpRm.K pada tanggal 26-02-2011. Penyuntikan dilakukan seperti imunisasi biasa, yang menjadi tidak biasa dari suntikan botox ini adalah harganya yang mahal bagi kebanyakan orang yaitu sekitar 5 juta rupiah satu vial. Karena jumlah dana yang terbatas jumlah botox yang diberikan sebanyak dua vial dari yang dibutuhkan sebanyak tiga vial. Jumlah sebanyak itu dibagi dalam 16 titik suntikan di daerah otot-otot paha dan tungkai kaki.
Ternyata prosesnya tidak hanya sampai disitu setelah penyuntikan harus diikuti dengan pemijatan dan pelenturan otot-otot yang disuntik botox setiap tiga jam sekali diluar jam tidur. Hal ini untuk mempercepat reaksi dari botox yang terjadi antara 12 – 72 jam setelah penyuntikan. Kegiatan ini dilakukan selama satu bulan penuh dengan penambahan jumlah terapi, hal ini mengingat efek botox ini hanya berlangsung selama 4-6 bulan sejak penyuntikan.
Bagi siapa saja yang mencari informasi tentang pemberian botox bagi anak dengan Cerebral Palsy atau malah pernah mengalaminya mungkin bisa share disini untuk menambah pengetahuan kita tentang apa yang perlu diketahui jika kita berencana memberikan botox untuk anak dengan Cerebral Palsy.

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Cerita Gilang dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Botulinum Toxin for Cerebral Palsy

  1. Ping balik: Evaluasi Berujung Suntik Botox | Belajar Kehidupan

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s