Botulinum Toxin for Cerebral Palsy

Setelah tertunda hampir selama 2 tahun akhirnya Gilang bisa mendapatkan suntikan botox (botulinum toxin) yang sangat diharapkan bisa mempercepat keberhasilan terapi yang dilakukan selama ini. Dilakukan di RSIA Hermina Bogor oleh dr Luh K Wahyuni SpRm.K pada tanggal 26-02-2011. Penyuntikan dilakukan seperti imunisasi biasa, yang menjadi tidak biasa dari suntikan botox ini adalah harganya yang mahal bagi kebanyakan orang yaitu sekitar 5 juta rupiah satu vial. Karena jumlah dana yang terbatas jumlah botox yang diberikan sebanyak dua vial dari yang dibutuhkan sebanyak tiga vial. Jumlah sebanyak itu dibagi dalam 16 titik suntikan di daerah otot-otot paha dan tungkai kaki.
Ternyata prosesnya tidak hanya sampai disitu setelah penyuntikan harus diikuti dengan pemijatan dan pelenturan otot-otot yang disuntik botox setiap tiga jam sekali diluar jam tidur. Hal ini untuk mempercepat reaksi dari botox yang terjadi antara 12 – 72 jam setelah penyuntikan. Kegiatan ini dilakukan selama satu bulan penuh dengan penambahan jumlah terapi, hal ini mengingat efek botox ini hanya berlangsung selama 4-6 bulan sejak penyuntikan.
Bagi siapa saja yang mencari informasi tentang pemberian botox bagi anak dengan Cerebral Palsy atau malah pernah mengalaminya mungkin bisa share disini untuk menambah pengetahuan kita tentang apa yang perlu diketahui jika kita berencana memberikan botox untuk anak dengan Cerebral Palsy.

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Cerita Gilang. Tandai permalink.

10 Balasan ke Botulinum Toxin for Cerebral Palsy

  1. megawati berkata:

    anak saya cp spastic umur 10 thn, semakin besar kekakuan otot kaki dan tangannya semakin parah, cuma bisa tiduran saja, dan kejang2 setiap saat, apakah bisa diperingan kejangnya melalui suntik botox ini, mohon informasinya, terima kasih.

    • abi_gilang berkata:

      Sepengetahuan akang botox digunakan untuk mengatasi spastik (kaku) otot pada alat gerak seperti tangan dan kaki yang bersifat permanen. Cara kerjanya dengan melemaskan otot gerak tersebut. Sedangkan kejang2 seluruh tubuh lebih disebabkan oleh lonjakan syaraf dari otak dan menyebabkan kejang sewaktu-waktu saja. Untuk lebih pasti sebaiknya konsul aja ke dokter rehab medik untuk penggunaan botox tersebut.

  2. JUNI berkata:

    UNTUK SURABAYA BISA KE DOKTER RATNA DI JALAN DARMO INDAH TIMUR 7/1 ..ANAK SAYA JG CP TP KATANYA KASUS RINGAN.. UMUR 3,4TAHUN..NI RENCANA MAU BOTOX..
    SMUA ORANG TUA SLL MENHARAPKAN YG TERBAIK..TENTUNYA KT HRS TETAP BERDOA DAN MELAKUKAN APA YG KT BISA,,,

  3. Reni Yulia berkata:

    Salam kenal abi gilang…

    saya reni, anak saya omar (7th) juga menderita CP. dan rencananya dalam waktu dekat akan melakukan suntik botox dgn dokter yg sama yaitu dr. Luh Kurnia di RSCM Kencana.

    klo boleh tanya, setelah melakukan suntik botox terhadap Gilang, apakah ada efek sampingnya terhadap Gilang. krn ada rasa kuatir klo2 ada efek samping yg nantinya timbul setelah melakukan suntik botox.

    selain itu, klo boleh tau, usia Gilang sekarang berapa? terus sejauh ini bagaimana perkembangan Gilang? besar harapan saya, setelah melakukan operasi botox nanti, akan sangat mempermudah anak saya untuk bisa berjalan dan mandiri seperti anak2 seusianya…

    klo boleh, saya ingin share lebih lanjut by email ya abi Gilang…
    email saya de_hadisaputra@yahoo.com (berhubung email saya ke block, saya pakai email suami saya)

    sekian pertanyaan saya…
    terima kasih sebelumnya

    bunda omar

    • abi_gilang berkata:

      Makasih Bunda Omar sudah mampir di blog ini, InsyaAlloh saya akan sharing pengalamannya di email. Dalam pemberian botox yang menjadi kunci keberhasilan adalah pasca pemberian botox. Karena efek botox hanya berlangsung antara 6 – 8 bulan sehingga dalam tenggang waktu tersebut adalah kesempatan emas kita untuk mengejar target yang telah ditetapkan sebelumnya.

  4. irham syah berkata:

    nama saya irham…tinggal disurabaya saya memiliki anak CP dan sudah berumur 5 lebih…dia CP spastic…,apakah anda punya informasi tentang pengobatan botox disurabaya?..terima kasih

  5. diana arya berkata:

    saya butuh info lebih banyak lagi….ada email atau fb gak? pengen share ttg botox untuk anak cp…..gimana apakah setelah 6 bulan tersebut anaknya sudah bisa jalan?

    • ndiel2 berkata:

      E mail : gilang_abi06@yahoo.com
      Kemarin tgl 28 mei saya baru evaluasi dng Dr Luh, katanya banyak kemajuan bahkan sekarang disuruh terapi pake sepeda, saya jg bingung mendesain sepedanya gimana? karena tentu saja ga bisa pake sepeda biasa. InsyaAlloh hasil evaluasi mau di posting, kemarin belum sempat.

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s