Evaluasi Hasil Botox


Pada tanggal 28 mei 2011, 3 bulan setelah pemberian botox untuk Gilang yang mengalami cerebral palsy(CP), dr Luh K Wahyuni Sp.RM melakukan evaluasi hasil suntikan botox terhadap terapi yang selama ini dijalani. Evaluasi baru kali ini bisa dilakukan karena dr Luh sedang studi di luar negeri, kepulangannya kali ini pun hanya sementara sebelum melanjutkan kembali studinya. Akang bersyukur dr Luh mau menyempatkan waktu untuk melakukan evaluasi ditengah kesibukannya.
Kesimpulan dan saran dr Luh setelah melakukan evaluasi adalah:
-Spastis otot-otot tungkai kaki terutama pada bagian belakang yang selama ini menghambat terapi sudah jauh berkurang
-Proses berdiri dari posisi jongkok lebih mudah dan kaki tidak bergetar
-Tulang punggung sudah lebih stabil
-Otot-otot yang fungsinya berlawanan dengan otot yang di botox masih lemah sehingga perlu terapi yang lebih intensif dengan menggunakan sepeda untuk menguatkannya.
-Dengan sepeda diharapkan mulai belajar pola gerak kaki bergantian antara kanan dan kiri, serta tentu saja diharapkan agar lebih gembira menjalani terapi.

Saran yang nampak simpel dan biasa-biasa saja bagi kebanyakan orang bukan? Ya…hanya sebuah sepeda tidak lebih. Tetapi bagi akang tentu saja tidak membayangkan sebuah sepeda biasa yang dijual di toko-toko, maklum saja karena Gilang dikategorikan sebagai anak berkebutuhan khusus atau anak spesial tentunya sepeda yang diperlukan akan juga ikut “spesial”. Dr Luh pun tidak memberikan gambaran yang pasti tentang bentuk sepeda yang dibutuhkan karena menurutnya yang terpenting bisa tercapai tujuan terapinya. Dr Luh menyarankan akang untuk mencari informasi kepada salah satu pasiennya yang menurutnya telah membuat suatu bentuk sepeda yang telah dimodifikasi untuk keperluan terapi, tidak lupa dia juga memberikan nomer teleponnya. Kini tinggalah tugas akang untuk mencari atau “membuat” sepeda yang dperlukan untuk Gilang.
Akang menerima pertanyaan dari pembaca “apakah setelah 6 bulan anak akang bisa berjalan?”, sejujurnya itulah harapan akang saat memutuskan untuk melakukan pemberian botox pertama kali dan dengan sejujurnya harus akang katakan bahwa anak akang belum bisa berjalan. Mungkin timbul pertanyaan “berarti botox-nya gagal donk?” Akang katakan bahwa botox yang dilakukan berhasil, karena sebelum pemberian botox akang mengetahui bahwa fungsinya adalah agar otot-otot yang spastis menjadi tidak spastis(kaku), nah dengan otot yang tidak spastis maka proses terapi untuk belajar berjalan bisa dilakukan dengan optimal. Kunci keberhasilan pemberian botox terletak pada terapi yang intensif selama efek botox masih ada. Menurut pendapat akang pribadi (mungkin bisa salah loh…) kalau belum siap merencanakan terapi intensif pasca botox, pemberian botox yang begitu mahal akan sia-sia belaka. Tetapi akang merasa yakin setiap orang tua dari “anak spesial” sudah terbiasa menentukan target waktu dan segera melupakannya saat target tersebut tidak tercapai. Jangan hilang kesabaran wahai para orang tua spesial tetap semangatlah dalam berjuang.

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Cerita Gilang dan tag . Tandai permalink.

6 Balasan ke Evaluasi Hasil Botox

  1. Bunda Hilma berkata:

    Mohon diinformasikan alamat utk terapi botox tsb??krn anak saya 2,5thn CP. hilma14111@ymail.com atau 087826070667 terimakasih sebelumnya,

  2. dini berkata:

    To Gilang semangat terus yaa nak, maaf saya ♏αϋ banyak tanya ama akang klo tdk keberatan,,,kebetulan saya juga mempunyai anak cp berusia 4,5th dan dr saraf NƔåªå pun menyarankan anak saya untuk di botox krn mengingat tingkat kekakuan Ÿª♌g anak saya alami skrg, mksd saya mohon bantuannya dmn saya bisa hub dr luh Ÿª♌g melakukan botox pd gilang (contact personnya)
    Terima kasih buat pengalaman Ÿª♌g sudah di share akang, saya jdi makin mantap utk melakukan botox (tdinya saya + suami masih ragu akan efek NƔåªå)
    Mohon informasinya, terima kasih

  3. nandobase berkata:

    Ganteng si Gilang ya, Gan. Hehehe… Salam balik dari si Ade🙂

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s