Gilang ber-Romadhon


‘ada anak bertanya pada bapaknya…
buat apa berlapar-lapar puasa..
ada anak bertanya pada bapaknya..
tadarus taraweh apalah gunanya..”

Sepenggal syair yang dilantunkan oleh Bimbo cukup sering terdengar akhir-akhir ini mengingat bulan romadhon sudah menjelang. Para orang tua yang mempunyai anak telah mempersiapkan berbagai trik dan cara untuk melatih anak-anak mereka untuk berpuasa. Ada yang menjanjikan hadiah tertentu jika anaknya bisa berpuasa sebulan penuh, ada juga yang menjanjikan hadiah sejumlah uang untuk satu hari puasa. Jelaslah hal itu sangat menggembirakan buat anak-anak yang memang masih perlu suntikan motivasi yang kuat untuk menjalankan ibadah puasa. Mungkin belum mereka fahami jika para ulama berkata :

..Wahai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu supaya kamu bertaqwa..

Bukanlah mengajarkan pamrih kepada anak-anak jika orang tua memberikan hadiah atas puasa yang dijalankan karena seiring berjalannya waktu InsyaAlloh pada akhirnya anak-anak akan mengerti tentang aturan syariah yang lebih baik. Selain bertujuan melatih puasa tentu saja para orang tua dituntut untuk mengajarkan kepada anak mereka bahwa di bulan puasa diharuskan menghormati orang yang sedang berpuasa. Seorang yang belum berpuasa hendaknya diberi pengertian agar jika memakan sesuatu janganlah menampakkan diri didepan temannya yang sedang berpuasa.
Sebagai orang tua akang sangat berharap bisa melakukan apa-apa yang ditulis diatas. Walaupun harus sabar menunggu karena tentu saja gilang tidak termasuk anak-anak pada umumnya yang akang ceritakan tadi. Gilang tidak mampu bertanya “..untuk apa puasa?…” apalagi bertanya “…tadarus taraweh itu apa gunanya..? tetapi akang merasa yakin Gilang ber-romadhon dengan caranya sendiri yang hanya diketahui Alloh SWT dan telah disediakan surga untuknya, Amiiiin……!

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Cerita Gilang dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Gilang ber-Romadhon

  1. ayah meutya berkata:

    semoga menjadi anak yang soleh

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s