Peralatan Anak Berkebutuhan Khusus

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sering kali diharuskan memiliki perlengkapan untuk terapi ataupun aktifitas sehari-hari, kali ini akang ingin berbagi tentang peralatan yang pernah dimiliki dan digunakan oleh Gilang.


Sepatu yang terlihat seperti biasa ini berfungsi untuk mempertahankan bentuk kaki bagian bawah agar tidak menekuk juga berfungsi mempertahankan lekukan alas kaki. Sepatu ini mulai dipakai Gilang saat berusia sekitar dua tahun atas saran terapis.


Masih sama dengan sepatu yang pertama hanya berukuran lebih besar karena sepatu yang terdahulu telah sempit.


Bola tersebut akang namakan sendiri “bola terapi” , mulai digunakan Gilang sejak berusia sekitar satu tahun. Berfungsi untuk menguatkan tulang punggung, otot leher dan melatih respon keseimbangan. Meningkatkan kemampuan berguling dan duduk. Dalam penggunaannya harus melelui latihan terlebih dahulu karena jika digunakan tanpa aturan bisa berbahaya bagi anak. Penggunaan bola ini juga memerlukan kewaspadaan agar tujuan terapi tercapai tanpa menyebabkan cedera.

Sejak berusia tiga tahun Gilang disarankan memakai AFO (Angkle Foot Orthotist) oleh dokter Luh. Afo ini berfungsi mengubah posisi kaki Gilang yang selalu berjinjit. Selain itu berfungsi menambah kelenturan otot tungkai kaki bagian belakang yang spastis.


Afo yang satu ini hampir sama dengan Afo yang pertama. Perbedaannya terletak pada lekukan afo tidak statis sehingga masih bisa bergerak walaupun sedikit. Sambungan yang fleksibel terbuat dari baja putih yang ditempelkan langsung di badan Afo. Afo ini selain berfungsi untuk mencegah kaki jinjit juga berfungsi menambah kekuatan otot tungkai kaki bagian belakang.


Peralatan yang satu ini tentunya semua orang tahu yaitu kursi roda. Ada perbedaan yang mencolok antara kursi roda biasa dengan kursi roda untuk anak Cerebral Palsy. Kursi roda CP biasanya tidak bisa dilipat karena memerlukan alas duduk yang stabil. Penahan badan bagian samping bisa dinaik-turunkan, terkadang diperlukan pengikat kepala jika pengguna mempunyai otot leher yang tidak bagus. Kursi roda untuk CP tidak harus baku karena menyesuaikan dengan keadaan penderita dan bagian tubuh mana yang hendak dikoreksi.
Bagi orang yang mempunyai anggota keluarga berkebutuhan khusus seperti akang banyak kesulitan yang dihadapi untuk mencari peralatan pendukung baik untuk terapi di rumah maupun untuk aktifitas sehari-hari. Peralatan seperti ini biasanya berharga mahal dan sulit dicari. Saran dari akang bagi orang yang mempunyai anggota keluarga berkebutuhan khusus :
– Rajinlah browsing di internet untuk mencari barang yang kita butuhkan.
– Bertanyalah kepada orang lain yang terlihat memakai peralatan ABK walaupun saat itu kita tidak sedang membutuhkannya, kalau perlu mintalah alamat atau no telepon yang bisa dihubungi untuk mendapatkan alat tersebut.
– Bertanyalah kepada terapis tentang siapa saja yang pernah membuat alat yang sama dengan yang kita butuhkan kemudian mintalah no teleponnya.
– Konsultasikan kepada dokter yang menangani tentang alat apapun yang kita buat untuk memastikan kegunaannya tepat sasaran.
Bagi para orang tua dari anak berkebutuhan khusus tetaplah berjuang dan jangan menyerah. Disetiap kesulitan pasti Alloh menyediakan kemudahan.

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Cerita Gilang dan tag , . Tandai permalink.

110 Balasan ke Peralatan Anak Berkebutuhan Khusus

  1. neu berkata:

    mnta almt n no telpon tmpt pmbuatan sepatunya….

  2. ineu berkata:

    mnta almt tmpt pmbuatan sepatunya….

  3. damay berkata:

    mbak ak minta alamta n info pembuatan sepatu afo thx

  4. sahda berkata:

    kak boleh minta nomor telpon dan alamat pembuat sepatu berkebutuhan khusus
    tolong kirim ke sahda44@gmail.com

    terimakasih

  5. bunda nitha berkata:

    Sangat inspiratif menambah pengetahuan kami yg juga sebagai ortu ABK namanya Honey CP double hemiplegia spatik usia 4thn, terimakasih kami lebih byk tahu apa yg anak kami perlukan.

  6. hendra setyawan berkata:

    dimana alamat pembelian sepatu anak berkebutuhan khusus dan brp no tlponnya ????

  7. ummu humairoh berkata:

    klw pesan kereta sm sepatu dan bolax dimana ??? mohon infonya

  8. Andy berkata:

    ASSALAMMUALIKUM Akang, kalo mau pesan kursi roda di semarang dimana ya ? Terima kasih atas infonya ya kang

    • abi_gilang berkata:

      Maaf Mas Andi kalo di Semarang saya tidak tahu. Coba cari tahu di facebook (Grup Rumah Cerebral Palsy) banyak teman disana yang berasal dari berbagai daerah. Mudah2an ada yang dari semarang juga🙂 .

  9. Rosita berkata:

    Bisa minta informasi juga kontak pembuatan sepatu anak berkebutuhan khusus…via email Obeune@live.com. Thanks

  10. ifa berkata:

    saya bisa minta kontak pembuatan sepatu berkebutuhan khusus tersebut? via email : tifa.stat03@ymail.com

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s