Obat Alternatif


Sejak lahir hingga sekarang Gilang tak pernah berhenti untuk melakukan upaya pengobatan. Selain menyandang Cerebral Palsy, Gilang juga seperti anak-anak lainnya sering mengalami penyakit “ringan” seperti panas, flu, pilek dan lain-lain. Memang seringkali timbul suatu permintaan kepada Alloh SWT jika Gilang sudah dibekali dengan penyakit Cerebral Palsy nggak usahlah Gilang mengalami sakit lainnya. Tetapi semuanya tentu mengandung hikmah untuk keluarga akang. Kalau terapi-terapi yang dilakukan selama ini disebut usaha pengobatan maka jelaslah bahwa Gilang memang terlahir untuk berobat.
Walaupun akang dan istri bekerja di bidang medis tetapi kami berdua tidak sepenuhnya menjalankan pengobatan medis kepada Gilang. Namun juga bukan berarti akang meyakini pengobatan-pengobatan irasional yang sering diyakini orang jika sudah menyerah berobat secara medis. Pengobatan yang akang maksud sebagai pengobatan alternatif untuk Gilang adalah pengobatan yang biasa dilakukan orang-orang kampung (tradisional). Salahsatu misal adalah jika Gilang mengalami sariawan seringkali diberi perasan daun jarak untuk mengobatinya.
Pada gambar diatas akang perlihatkan salah satu obat yang biasa Gilang pakai. Gambar tersebut bukanlah sayur asem dalam bak plastik, air dalam bak mandi tersebut telah ditambahkan potongan daun-daun dan potongan pohon daun pisang. Setelah direndam selama satu malam air tersebut dipergunakan untuk mandi pagi. Air tersebut berguna untuk menghilangkan penyakit panas yang disebabkan oleh pilek yang berkepanjangan. Jika suhu tubuhnya tinggi biasanya Gilang tidak dimandiin tetapi hanya di lap, nah setelah 3 sampai 4 hari barulah dimandikan dengan air ini. Selain itu juga air ini bisa mengembalikan kesegaran tubuh setelah sakit yang agak lama.

Pengobatan lain yang dilakukan adalah dipijit ke tukang urut tradisional. Setidaknya satu kali dalam seminggu Gilang diurut untuk menghilangkan pegal-pegal yang disebabkan sehari-hari kegiatan Gilang hanya bisa berbaring. Jika setelah diurut biasanya Gilang tidur dengan pulas di malam harinya dan jika tidak diurut dalam jangka waktu yang lama seringkali menjadi rewel dan susah tidur.
Begitulah diantara usaha akang mengobati Gilang. Berbagai macam pengobatan yang terkadang berharga mahal dan memerlukan alat-alat canggih sampai pengobatan yang sederhana dan terkadang bahan-bahannya bisa dicari disekitar rumah telah Gilang jalani. Sedangkan untuk hasilnya akang selalu serahkan kepada kehendak Alloh. Semoga pengalaman ini bisa memberi inspirasi bagi para orang tua dengan anak berkebutuhan khusus untuk terus berusaha dan jangan pernah menyerah.

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Cerita Gilang dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Obat Alternatif

  1. Ping balik: “Selamat Datang” para pembelajar kehidupan….! | negeribocah

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s