Fakta Awam Seputar Perbedaan Idul Fitri 1432 H


Fakta awam diseputar perbedaan hari raya Idul Fitri 1432 H di Indonesia.

  1. Planet bumi mempunyai satu bulan sehingga pasti hilal-nya juga hanya satu.
  2. Muhammadiyah : Posisi hilal bisa ditentukan dengan metode Hisab yaitu suatu perhitungan astronomis berdasarkan perjalanan benda-benda langit yang cenderung stabil walaupun dalam jangka waktu ratusan tahun, dengan demikian tidak diperlukan ru’yatul hilal’/melihat hilal dengan mata telanjang.
  3. Nahdatul Ulama : Pada zaman Rosululloh menentukan jatuhnya bulan syawal adalah dengan melihat hilal dengan mata telanjang sehingga itulah yang harus dilakukan oleh umat islam saat ini agar sunnah rosul tetap terjaga.
  4. Kementerian Agama Indonesia : Telah menjadi kesepakatan bahwa jika menurut hisab posisi hilal berada dibawah 2 derajat maka perlu dilakukan ru’yatul hilal baik dengan mata telanjang atau menggunakan alat-alat teropong, jika hilal terlihat maka bulan baru ditentukan tetapi jika tidak terlihat maka puasa romadhon digenapkan menjadi 30 hari (istikmal).
  5. Ahli Astronomi : Akan sangat sulit untuk melihat hilal yang berada dibawah 2 derajat walaupun dengan menggunakan alat teropong karena berbagai faktor alam dan faktor manusia (salah lihat). Bagaimana pun perhitungan astronomi adalah perhitungan teoritis yang bersifat imaginer.
  6. Tokoh Ormas/Ahli Agama : Perbedaan tidak akan bisa dihindari karena masing-masing metode berasal dari Rosululloh. Tidak bisa dipaksakan satu pendapat diatas pendapat lain karena itu merupakan pelanggaran dalam menjalankan ibadah. Umat diharapkan bisa mengahadapi perbedaan ini dengan bijak dan saling toleransi.
  7. Akang (sebagai umat) : Binguuuuung..yang ini ngaku bener, yang itu ngaku nggak salah, sedemikian pintarkah para ahli hisab dan ru’yat sehingga masing-masing pihak tidak mau/bisa disalahkan. Sangat terasa ada perbedaan jika lebaran tidak bareng. Akang bukan simpatisan NU atau Muhammadiyah hanya seorang yang mengaku umat muslim yang kebetulan tinggal di Indonesia. Toleransi yang ada didepan mata akang adalah keyakinan orang Muhammadiyah bahwa haram berpuasa tanggal 30 agustus 2011, sementara dilain pihak pengikut NU dan ru’yatul hilal meyakini haramnya membatalkan puasa di bulan romadhon. Kini tersisa pertanyaan di benak akang apakah toleransi berarti saling meng-haram-kan?
  8. Fakta hari ini : salah satu keponakan akang yang berusia 6 tahun memaksa untuk berlebaran hari ini karena dia mendengar kumandang takbir tadi malam yang didengarnya dari kampung sebelah

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Fakta Awam Seputar Perbedaan Idul Fitri 1432 H

  1. dhank berkata:

    D kasih tambahan yak..
    * meneruskan sunnah Rasul..”puasalah saat melihat hilal dan berbukalah saat MELIHAT hilal.jika hilal TERTUTUP DARI PANDANGAN,maka genapkanlah hisab menjadi 30 hari”

    Kan bukan ”puasalah ketika hisab yg kau rasa benar,berbukalah ketika jatuh waktu hisabmu pula”

    Itu makax ngikut tgl 31 jg..

  2. abi_gilang berkata:

    Faktanya akang ikut lebaran tgl 31 agustus dengan alasan :
    1. Bagaimanapun akang hrs “memilih”…!
    2. Bagaimanapun ilmu hisab yang digunakan bukan hasil pengukuran “PASTI” tetapi teori asumsi seperti diameter bumi, jarak bumi ke bulan, sehingga hasil perhitungan letak bulan pun tetap ASUMSI DAN BERSIFAT IMAGINER.
    3. Rukyat hilal (melihat hilal) baik dengan mata telanjang ataupun alat teleskop merupakan pem”bukti”an dari hasil perhitungan ilmu hisab.
    4. Sebagai seorang awam akang juga beralasan “ikut orang kebanyakan” he he he…!
    Maaf kalo jawabannya tidak memuaskan, makasih udah berkunjung ke blog saya, saya tunggu kunjungan berikutnya di topik yang lain, salam kenal!!

  3. dhank berkata:

    trus akhirnya ikut lebaran kapan?trus alasanx apa?

  4. zhen berkata:

    saya kuatir kang, JANGAN JANGAN SITUASI INI DIBIARKAN SAJA AGAR BISA MEMPERTONTONTAN PETA POLITIK ANTARA KAUM MODERAT DAN TRADISIONALIS…MUDAH2AN SAYA SALAH

  5. ILYAS berkata:

    Alloh menunjukkan kekuasaan_NYA…………….. melalui awam dan ahli……………. hisab dan rukyat…. untuk 1 Syawal 1432 H…………………

  6. ILYAS berkata:

    Maha Besar ALLOH, telah menciptakan perbedaan ini, ini unttuk mengukur sejauh mana ki IMANAN kpd ALLOH, dan Maha Sempurna_NYA ditunjukkan kpd manusia yang selalu ingin/bernafsu untuk jadi yg terhebat……………………. smoga ALLOH jua yg menenangkan ini smua……… Amiin

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s