Anda Pengendara Manja Atau Gentleman


“…seringkali kita selalu menuntut perlakuan baik dari orang lain tanpa berpikir bahwa orang lain pun menuntutnya dari kita…”
Akang yakin kita sering melihat stiker dengan tulisan BABY ON BOARD yang tertempel dikaca mobil, walaupun akang bukan ahli berbahasa inggris tetapi akang juga ngerti bahwa maksudnya didalam mobil tersebut ada bayi-nya (bener ga sih????). Memang salah satu sifat naluriah manusia adalah mencintai anaknya sendiri terutama yang masih bayi. Bayi memang merupakan tahapan seorang manusia yang masih rapuh dan memerlukan perlindungan maksimal dari manusia yang lebih dewasa terlebih lagi dari keluarganya sendiri. Seorang ibu rela bangun tengah malam saat mendengar bayinya menangis karena ngompol atau karena lapar. Seorang bapak tak pernah marah jika bayi-nya ngompol dipangkuannya. Begitulah cara Alloh menjaga bayi yang baru lahir dengan cara menciptakan naluri hati manusia dewasa begitu tunduk kepada bayi. Namun tentu saja yang akang bahas adalah secara normatif (keadaan normal) sehingga jangan ditanyakan tentang kejadian seorang ibu yang tega membuang anaknya atau hal lain semacam itu.
Dalam lingkungan publik bayi selalu mendapat perlakuam khusus seperti tempat memberikan ASI yang tertutup, memberikan ruang gerak yang lebih bebas kepada orang yang membawa bayi. Begitulah kecenderungan manusia untuk memperlakukan bayi dengan cara-cara yang khusus. Hanya saja kecenderungan menusia melindungi dan menyayangi bayi sering dimanfaatkan sekelompok orang untuk mencari keuntungan materi. Bukan hal yang aneh jika kita melihat pengemis yang memanfaatkan bayi untuk membangkitkan rasa iba yang “lebih” dari orang lain. Mungkin latar belakang tersebut yang membuat seseorang yang membawa bayi didalam mobilnya menempelkan stiker bertuliskan “baby on board” di kaca mobilnya.
Pada awalnya akang belum begitu memperhatikan banyak hal dari stiker seperti itu. Namun semakin sering akang menemui mobil dengan stiker tersebut semakin tergelitik hati akang untuk mengomentarinya sehingga munculah postingan akang kali ini (kan ga mungkin langsung ngomentari sambil memberhentikan mobil2 ber-stiker tersebut he he). Kalau menurut akang sih menempelkan stiker tersebut dimobil tidak begitu penting lagipula orang yang menempelkan stiker dengan tulisan tersebut “kurang gentleman” atau bahasa lainnya “manja”. Hal itu karena kalau akang artikan secara BEBAS arti dari kata-kata dalam stiker tersebut adalah

..Hey orang-orang hati-hati kalau berkendara dekat mobil saya karena saya membawa bayi!!!!!…

Seolah-olah orang tersebut meminta perhatian seluruh dunia akan keselamatan bayi yang harusnya menjadi tanggung jawabnya. Dari sini jelaslah bahwa orang tersebut merasa tidak mampu melindungi bayinya sehingga meminta bantuan dari seluruh orang disekelilingnya walaupun hanya dalam bentuk “perhatian”. Sebenarnya kalau kita mau aman seharusnya semua orang yang berkendaraan harus selalu menganggap bahwa didalam SEMUA mobil ada bayi didalamnya sehingga setiap pengendara akan berkendara dengan hati-hati. Jadi saran akang ga usahlah menempelkan stiker dengan tulisan “baby on board” di kaca mobil ttetapi berkendara-lah dengan menganggap semua mobil ada bayi didalamnya. Gimana tuh saran akang…..setuju???

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Anda Pengendara Manja Atau Gentleman

  1. JAGOAN berkata:

    tulisan hanya satu sudut pandang!!
    analoginya mobil dipasang klakson, saat membunyikan klakson mobil dijalan:
    Oii.. minggir lo,, nie mobil mau lewat,, jangan nutupin jalan gua, kasih jalan cepet!!!
    apakah seperti itu? betapa piciknya otak tersebut,
    beda kalau fungsi klakson sebagi tanda sopan: permisi mas. mbak,, saya mau lewat disamping anda, mohon hati hati ya.. jangan sampai nanti senggol anda.
    begitupun juga fungsi stiker baby on car.. bisa jadi maksud pengemudinya:
    harap maklum ya mas mbak, jalan saya pelan pelan, soalnya ada bayi didalam mobil sayam jadi saya hati hati bawa mobilnya, mohon sabar yang dibelkang mobil…

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s