Wahai Para Wanita…! Bacalah Sebelum Anda Naik Angkutan Umum


(Sumber gambar: http://www.petamacet.com)
Mendengar berita akhir2 ini akang merasa prihatin banget karena banyak terjadinya tindak kejahatan di dalam angkutan umum yang menjadikan para wanita sebagai targetnya. Ada berita pemerkosaan seorang mahasiswi yang dilakukan oleh sopir mikrolet dan berujung dengan pembunuhan si korban. Berita lain terjadi di bekasi lagi2 seorang wanita diperkosa oleh sopir mikrolet dan beberapa rekannya. Sungguh ini merupakan teror yang sangat mengerikan terutama bagi para wanita yang terpaksa harus menggunakan angkutan umum untuk aktifitas sehari-hari. Aparat keamanan nampaknya belum bisa menjamin perasaan aman warga terutama di ibukota dan sekitarnya. Para wanita memang termasuk dari tiga pihak yang paling rentan menjadi sasaran tindak kejahatan selain anak-anak dan orang dengan keterbatasan intelektual.
Beragam komentar pun muncul termasuk dari tokoh nomer satu di DKI Jakarta ini yang mengatakan tindak kejahatan terhadap wanita didalam angkutan umum disebabkan oleh busana yang dikenakan para wanita sering mamancing tindak kejahatan. Komentar seperti itu yang datang dari seorang pejabat publik ternyata mendapat banyak kritik dari masyarakat karena seolah-olah menyalahkan pihak korban. Komentar yang dilontarkan dianggap tidak menyentuh masalah yang lebih fundamental, bukannya memberikan pendapat yang bersifat solutif yang menimbulkan perasaan tenang kepada masyarakat malah seperti lepas tanggung jawab dan mencari kambing hitam dari masalah yang muncul.
Kalau pendapat seperti itu datang dari akang mungkin tidak akan menimbulkan banyak protes dari masyarakat karena memang ga penting he he…! Tetapi maksud akang menulis sekarang ini juga bukan untuk menambah komentar yang ga penting, bahkan akang merasa komentar ini sangat bermanfaat terutama bagi para wanita yang terpaksa harus menggunakan angkutan umum. Hal penting yang perlu diperhatikan tersebut adalah :

  • Berusaha untuk tidak berpergian sendirian
  • Kalau terpaksa harus pergi sendiri, usahakan memberitahukan perjalanan kita kepada keluarga dirumah, hendak kemana? pulang jam berapa? dan info lain yang dianggap perlu untuk diketahui keluarga
  • Saat hendak menaiki angkutan umum perhatikan identitas angkutan tersebut seperti nomor polisi dan ciri-ciri lain, kalau perlu kirim berita seperti lewat sms/BBM kepada keluarga
  • Usahakan sopir mengetahui bahwa kita telah memberitahu seseorang tentang identitas kendaraan, contoh: jika menaiki taksi maka saat baru naik langsung aja kita menelepon suami atau keluarga dengan suara keras (diharapkan jika sopir mau berbuat jahat akan mikir-mikir dulu)
  • Sebisa mungkin hindari melakukan perjalanan di malam hari
  • Selalu berdo’a selama perjalanan

Semoga cara-cara yang memang terlihat merepotkan tersebut bisa meningkatkan kewaspadaan kita dan menjauhkan kita dari tindakan kejahatan.

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Wahai Para Wanita…! Bacalah Sebelum Anda Naik Angkutan Umum

  1. Mas Bro berkata:

    Kudu ada kerjasama dari Masyarakat ama Dishub kang..
    Cuman kok di daerah tempat tinggal saya, masih ada yang pakek kaca film warna item yo kang??

    BTW, blognya minimalis dan pastinya mantap, soalnya saya suka yg minimalis klo soal tampilan Blog,, nyaman diliat, nyaman juga loading pagenya.. hemat bandwidth.. bwahahaha😆

    • abi_gilang berkata:

      Kalo angkot yg msh pake kaca item lama2 pasti ditinggalin penumpang koq..biarin aja lah. Soal tampilan blog ini tema-nya “minimalis terpaksa” soalnya belum bisa dandanin-nya ha ha ha…!

  2. Asal Cetak berkata:

    memang semakin nekat penjahat saat ini🙂

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s