Nyasar Pangkal Cerdas


“…semakin kita merasa kesasar maka semakin aktif sel-sel otak ini bekerja…”
Akhirnya setelah cukup lama akang liburan gowes minggu pagi ini bisa gowes lagi. Dengan semangat membara pagi ini akang memulai aktifitas dengan mencuci seli yang sudah agak kotor berdebu. Walaupun tidak sepenuhnya bersemedi seli akang sudah lama tidak menempuh jarak yang jauh paling2 cuma dipake ke warung untuk beli sayur atau ke masjid. Akang ingin perjalanan gowes kali ini tidak mendapat hambatan teknis dengan mempersiapkan seli dengan sebaik-baiknya. Gear dan rantai diberi pelumas setelah sebelumnya dicuci hingga bersih. Setingan rem dan sadel disesuaikan kembali hingga terasa nyaman.
Jalur yang dipilih kali ini adalah “jalur tradisional” akang yaitu menuju telaga kahuripan. Tetapi dalam perjalanan akang tergoda saat melewati suatu simpangan jalan yang sering akang lihat tetapi tidak pernah melewatinya. Masih teringat kata2 Dr Luh K Wahyuni SpRM (dokternya Gilang) “otak yang sering bekerja maka akan semakin aktif menambah dendrit yang sangat baik untuk kesehatan otak. Dengan melalui jalur baru maka otak akang akan dipaksa melakukan “pemetaan atau maping” tentang posisi akang berada dengan cara membadingkan peta-peta lokasi yang telah berada dalam memori otak. Harapan akang selain badan yang sehat juga otak ikut sehat sehingga bisa menjadi lebih cerdas (maunya sih!!!!).
Satu hal yang menjadi keprihatinan adalah seli akang yang agak kerepotan memenuhi keinginan tuannya untuk menjelajah jalan-jalan yang belum diketahui kondisinya. Menemui jalan berlubang dan becek terutama setelah hujan sudah menjadi kegiatan rutin bagi seli akang yang setia ini. Terkadang juga terpikir oleh akang untuk segera mereposisi seli ini dengan sepeda gunung yang lebih cocok melahap medan yang tidak bisa diprediksi. Sepertinya seli ini lebih cocok dipakai oleh istri akang yang belum tertulari virus gowes. Hanya saja rencana tersebut nampaknya belum bisa terwujud untuk waktu dekat ini karena faktor finansial yang belum memadai. Oleh karena itu akang hanya bisa berujar ” ayo seli sering-seringlah kesasar biar otak jadi encer he he”.

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Goseli dan tag , , . Tandai permalink.

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s