Aneh Tapi Ada


Sumber gambar : alibaba.com
“…seringkali suatu memori kembali hadir dibenak kita karena mendengar sebuah lagu atau melihat suatu benda…”
Bagi orang sunda seperti akang jika mendengar alunan suara degung karawitan dengan lengkingan suling yang meliuk-liuk maka yang terlintas di benak adalah suasana resepsi pernikahan dengan segala hiruk pikuknya. Tidak peduli apa yang sedang dilakukan maka rasa lapar seketika menyergap jika mendengar alunan degung karawitan. Seolah semerbak pepes ikan mas menampar hidung ditambah wangi bermacam bunga dari sebuah pelaminan atau deretan sate yang siap untuk disantap dengan lahap. Hal yang sama mungkin berlaku bagi orang yang berasal dari Jawa Tengah dan Jogjakarta dan sekitarnya saat mendengar gamelan yang tentunya bernuansa khas Jawa dengan lirik “….yen ning tawang ono lintang….” (maaf hanya itu yang akang tahu jika mendengar gamelan jawa he he he). Sebuah lagu juga bisa dengan tiba-tiba mengingatkan kepada orang yang berasal dari masa lalu kita biasanya sih orang yang punya hubungan spesial ya kan? Sudah biasa kita dengar seseorang mengatakan ” mendengar lagu ini saya jadi teringat sama pacar saya yang ke-20 (nah loh??? lebay..!)”. Begitulah memori dalam otak bisa tiba-tiba bangkit dengan rangsangan suara, seolah suara tertentu adalah pasword untuk suatu memori tertentu pula.
Tentu saja bukan hanya suara yang mampu melakukan hal yang demikian. Pengalaman yang belum lama akang alami adalah ketika melihat suatu benda tiba-tiba saja teringat bahwa benda tersebut adalah suatu benda yang entah mengapa akang begitu trauma melihatnya. Benda itu tidak beracun, tidak besar bentuknya, bahkan bisa bermanfaat keberadaannya. Akang tidak tahu apa sebutan untuk ketakutan terhadap suatu benda yang biasa ada disekitar kita, mungkin “aneh phobia” atau ” trauma phobia” entahlah mungkin ada yang lebih bisa menjelaskannya. Benda tersebut adalah inhaler yang biasa digunakan orang saat terkena pilek atau hidung mampet. Akang masih teringat saat-saat saudara suka menakut-nakuti akang dengan benda tersebut dan keluarga semua tahu akan hal itu tanpa seorang pun bisa menghilangkannya. Setelah sekian tahun tidak pernah melihat lagi benda tersebut ternyata saat melihat kembali ada perasaan aneh dalam benak akang walaupun tidak sampai menjerit-jerit seperti saat akang masih kecil. Mungkinkah diantara pembaca ada yang mempunyai ketakutan terhadap suatu benda seperti yang akang alami? Silahkan berbagi cerita disini…akang tunggu.

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Aneh Tapi Ada

  1. nandobase berkata:

    Waktu kecil saya suka main layangan. Saya selalu menggunakan benang gelasan untul layangan saya karena benang nilon selalu kalah jika diadu. Suatu hari, saat layangan saya tengah mengudara, angin bertiup sangat kencang. Saya memegang benang kendali sekuat mungkin, tetapi saya kalah. Benang tersebut menggesek ruas pertama jari telunjuk tangan saya hingga berdarah. Jari saya terasa nyeri, panas dan ngilu. Sampai sekarang, jika melihat anak-anak bermain layangan, jari saya terasa ngilu. Padahal bekas lukanya sudah tidak ada. Dan saya punya bekas luka lain yang sebenarnya lebih parah, tapi tidak meninggalkan trauma apapun.

  2. Fikri berkata:

    Saya punya sedikit ketakuan dengan donor darah. Awalnya saya berani untuk donor darah, sampai suatu saat, entah donor darah yang keberapa, saya mengalami kejadian yang membuat saya trauma. Saat itu setelah donor darah, baru beberapa langkah dari tempat donor, saya bersenggolan dengan seseorang yang mengakibatkan darah keluar dari bekas luka donor darah. Tanpa pikir panjang, saya pun lemas😀. Sejak itu saya agak takut untuk donor darah, padahal sebenarnya ingin donor darah lagi.
    Itu ceritaku, apa ceritamu?? Hii…hi….

Ada komentar??? tulis aja...!

