Pancakaki


Sumber gambar : sundanologi.blogspot.com
Judul diatas mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang karena “pancakaki” yang akang maksud adalah suatu kata dalam bahasa sunda. Tetapi walaupun demikian mungkin untuk sebagian yang mengaku orang sunda juga belum tahu apa arti kata tersebut, apakah yang dimaksud panca : lima sehingga berarti kaki lima? tentu saja bukan itu arti yang sebenarnya. Karena akang juga bukan seorang ahli bahasa sunda walaupun memang seorang “sunda pituin” sehingga untuk memahaminya akang akan menjelaskannya dengan cerita.
Salah seorang kerabat akang yang tinggal di Bandung sebut saja namanya Dani, pada suatu waktu berkunjung ke Surabaya untuk suatu keperluan. Di Surabaya Dani mempunyai seorang rekan yang memang ditugaskan untuk menemaninya selama di Surabaya bernama Surya. Surya ditugaskan oleh kantornya mungkin karena juga berdarah sunda sama seperti Dani. Disela kesibukan bekerja Dani dan Surya saling menanyakan asal masing2, ternyata Surya berasal dari Sumedang. Begitupun Dani, walaupun lahir di Bandung tetapi kedua orangtua Dani lahir di Sumedang bahkan tempatnya tidak jauh dari Surya. Karena merasa penasaran akhirnya mereka saling menanyakan siapa nama keluarga di Sumedang, akhirnya setelah ditelusuri diketahuilah bahwa ternyata diantara Dani dan Surya mempunyai hubungan keluarga yang dekat.
Nah dari cerita tersebut akang mencoba memberikan sedikit gambaran arti kata pancakaki adalah menelusuri silsilah keluarga. Pancakaki juga bisa menjelaskan seberapa dekat hubungan kekeluargaan antara dua orang, atau malah menjelaskan bahwa diantara dua orang tidak terdapat hubungan darah. Begitulah salah satu ke-arifan budaya kita yang masih tersisa walaupun sudah mulai hilang terutama di kota-kota besar.

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , . Tandai permalink.

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s