Djulhijah : Bulan Penuh Berkah Dan Undangan

Masuk kerja di hari Senin bagi akang selalu menjadi ajang untuk meng-update berita dari teman kerja tentang apa yang dilakukannya di akhir pekan kemarin. Tidak seperti kebanyakan teman lain yang selalu bisa mengikuti apa yang dilakukan oleh teman lainnya melalui Blackbery atau Facebook, akang seringkali tertinggal mengetahui suatu informasi seputar teman kerja. Pertanyaan standar yang akang tanyakan kepada teman kerja “kemana aja akhir pekan kemarin?” sementara teman lainnya bertanya ” mana nih oleh-oleh dari Bandung?”(ini cuma contoh). Senin pagi ini cerita akhir pekan teman kerja sepertinya hampir mirip, kebanyakan kegiatan akhir pekan diisi dengan menghadiri UNDANGAN.
Sudah jadi kebiasaan di masyarakat kita jika bulan Djulhijah atau lebih dikenal dengan sebutan bulan haji selalu dianggap bulan yang tepat untuk melaksanakan hajatan atau kenduri baik nikahan atau khitanan. Apalagi dalam bulan djulhijah tahun ini terdapat tanggal istimewa yaitu tanggal 11 bulan 11 tahun ke-11 diabad ini menurut penanggalan masehi. Bahkan disebagian masyarakat ada yang percaya bahwa jika mengadakan acara pernikahan pada bulan Djulqaidah (sebulan sebelum bulan haji) maka pernikahannya tidak akan langgeng. Hampir tiap akhir pekan di bulan ini ada saja undangan yang akang harus hadiri. Waktu yang biasanya dipakai untuk sedikit bersantai bersama keluarga menjadi terganggu. Selain masalah waktu yang tersita, yang namanya menghadiri undangan tentu saja harus menyediakan dana lebih untuk mengisi amplop (masa mau ngasih amplop kosong???).
Satu pekan ini akang dan keluarga sedang “mudik” ke ciseeng karena si uwa (pengasuh Gilang) sakit. Hampir setiap pagi dikejutkan oleh letusan suara petasan, suara petasan yang beruntun dari mulai suara petasan yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar. Sebagai daerah yang sedikit terpengaruh budaya betawi, membunyikan petasan sebagai tanda sedang mengadakan hajatan sudah menjadi adat kebiasaan di daerah tersebut. Petasan dianggap sebagai alat pengumuman bagi keluarga pemilik hajat dan sebagai pengingat bagi masyarakat sekitarnya. Jika pagi hari terdengar suara petasan Ibu Mertua biasanya bertanya “itu hajatan siapa ya?”, kemudian dia memeriksa catatan undangan yang diterimanya sambil menggerutu karena undangan yang diterimanya begitu banyak. Berbeda dengan di kota-kota, masyarakat di perkampungan tidak terikat harus mengadakan hajatan pada hari sabtu atau minggu saja. Kebanyakan mereka lebih memilih hari berdasarkan perhitungan hari baik dari orang yang dianggap tahu peruntungan hari baik. Begitulah bulan haji yang selalu membawa berkah bagi banyak orang terutama pembuat petasan dan penyedia jasa wedding organizer.
Bagi semua yang barusaja melangsungkan pernikahan akang do’a-kan semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rohmah…amiiiin!!

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Djulhijah : Bulan Penuh Berkah Dan Undangan

  1. Mabruri Sirampog berkata:

    bener sekali kang,,,
    bulan ini penuh dengan undangan,
    kondangan lagi kondangan lagi…😀

    iya, semoga saja jadi berkah untuk semuanya.. aamiin

    • abi_gilang berkata:

      Iya mending kalau masih didalam kota…kalau udah undangan keluar kota bisa tambah bengkak lagi tuh pengeluaran he he…tetapi demi silaturahim sih nggak apa2 yang penting BERKAH….iya kan?

  2. Sayyidah 'Ali berkata:

    mudahan ga ada merasa terganggu karena petasan itu,,.. kalau mengganggu orang lain, bisa menghilangkan keberkahan..🙂

    • abi_gilang berkata:

      Padahal memang nggak berkah biarpun nggak mengganggu orang lain karena sayang aja uangnya dibakar-bakar, mending kalau petasan itu murah soalnya harga satu set petasan yang biasa dipakai paling murah 200 ribuan. Tapi karena udah kadung disebut tradisi jadinya susah dihilangkan kebiasaan tersebut.

  3. Kang Java berkata:

    Benar sekali mas… Bulan ini selain bulan penuh berkah juga bulan paling boros buat saya😦
    bulan ini saya banyak menerima Undangan Nikah… yaa.. akhirnya banyak amplop juga yang saya keluarkan😆

  4. Mila berkata:

    Benar benar bulan penuh berkah ya Abi🙂

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s