Ayo Ngeblog : Jangan Berpikir Ini Hanya Narsis!!

Sumber gambar : riptapparel.com

Pertama mengenal kata blog dan blogger saat dipinjami sebuah buku oleh rekan ditempat kerja. Akang dikenal rekan sebagai orang yang suka membaca sehingga jika mereka mempunyai buku baru atau membaca buku yang dianggap menarik maka mereka sering memberi pinjam buku tersebut kepada akang. Salahsatu buku yang dipinjamkan adalah sebuah novel ringan berjudul Kambing Jantan yang berisi pengalaman keseharian seorang penulis. Yang menarik, tulisan pada buku tersebut sebelumnya adalah tulisan yang ditulis dalam blog yang ternyata disukai oleh banyak pembaca sehingga pemilik blog mengumpulkan tulisannya dan menerbitkannya menjadi sebuah buku. Belakangan penulis yang bernama Raditya Dika menjadi terkenal sebagai penulis yang memulai kegiatan menulisnya dari blog.

Apakah setelah membaca buku tersebut akang langsung membuat akun blog? Jawabannya “tidak”, karena yang tersisa dari membaca buku tersebut akang hanya punya kesimpulan bahwa blog adalah semacam diary di dunia maya dan membuat blog itu sulit. Bagi akang yang disebut membuat diary adalah kegiatan yang menuntut konsistensi tinggi dalam mengerjakannya, walaupun sebenarnya akang sering membaca tentang para penulis terkenal adalah orang-orang yang biasa menulis catatan dalam kehidupannya sehari-hari seperti diary misalnya. Kesimpulan bahwa membuat blog itu sulit terlebih lagi membuat akang kehilangan minat untuk segera membuat blog. Pengetahuan akang tentang komputer sangat kurang selain hanya bisa mengoperasikan Word dan Excel tak ada lagi keterampilan lain mengenai komputer yang akang kuasai.

Trend facebook membuat akang menjadi seseorang yang kecanduan untuk selalu terhubung dengan internet. Sebuah laptop bekas dan modemnya “terpaksa” akang beli untuk memuaskan keinginan update status di “buku wajah” tersebut. Namun ternyata kecanduan yang tinggi dengan FB menyebabkan kebosanan yang cepat menghampiri perasaan akang. Dari FB ini akang merasa tidak mendapat apa-apa selain melengkapi data-data teman dimasa lalu dan kemudahan untuk mengadakan reunian. Kini walaupun tidak pernah ada niat untuk menghapus akun FB tetapi praktis FB sangat jarang dikunjungi dan hanya menjadi pengisi kebosanan disela-sela ngeblog.

Akun blog yang pertama akang buat berbasis blogspot atas permintaan seorang sepupu yang sedang menempuh kuliah Informasi Teknologi. Dalam salahsatu tugasnya dia diharuskan mempunyai blog untuk menawarkan suatu produk, penilaian ditentukan dari banyaknya transaksi yang terjadi melalui internet. Jadilah motivasi KKN adalah motivasi pertama bagi akang membuat akun blog. Tidak seperti FB, dalam blog akang merasa ada tantangan dan kebebasan dalam menuliskan sesuatu yang ingin akang bagi kepada orang lain. Beberapa tulisan mulai mengisi blog baru tersebut sebagai penyaluran “kecanduan” baru setelah terjebak dalam kebosanan FB. Dalam perkembangannya akang berpindah kepada blog berbasis wordpress karena dianggap lebih instan dan “katanya” lebih gampang dikunjungi orang lain. Walaupun pada mulanya banyak atau sedikit jumlah pengunjung bukanlah motivasi besar dalam kegiatan ngeblog ini tetapi ternyata saat pengunjung bertambah banyak motivasi menulis pun ikut bertambah.

Tulisan-tulisan pertama yang akang buat bisa disebut sebagai curhat akang tentang keadaan anak akang yang menyandang Cerebral Palsy (cacat otak). Sebagai tulisan curhat ternyata tulisan akang banyak dibaca terutama oleh pengunjung yang mempunyai problem sama. Pertanyaan-pertanyaan mulai akang terima dari pembaca mengenai berbagai hal seperti pengobatan, terapi, peralatan terapi dll. Setelah mengetahui bahwa ternyata banyak pembaca yang merespon tulisan akang membuat akang mulai berpikir untuk menulis hal-hal lain yang diketahui dan mungkin bermanfaat bagi orang banyak. Topik tulisan pun bertambah sesuai dengan pekerjaan akang sehari-hari sebagai tenaga laboratorium di sebuah rumah sakit. Istilah-istilah medis mulai menghiasi blog akang dan menambah kata kunci yang menuntun “mesin pencari” mengenali blog ini. Belakangan malah tulisan tentang laboratorium ini yang paling banyak dikunjungi oleh pengunjung blog akang.

Adalah naluri manusia untuk selalu ingin berbagi sesuatu yang dianggap baik dengan orang lain terutama orang yang dicintai. Begitupun keinginan akang yang selalu “ngomporin” istri untuk “turun gunung” dan mencoba menjadikan blog sebagai pengisi kekosongan waktu. Ajakan ini tentu saja bukan tanpa alasan karena dengan ngeblog akang merasa otak ini menjadi lebih aktif dan menganggap kegiatan ini juga sebagai olahraga otak. Memang alasan yang dijadikan landasan pikiran setiap orang untuk ngeblog tidak akan sama tetapi setidaknya dari semua alasan yang pernah akang ketahui ada benang merah yang jadi kesamaan. Benang merah yang akang maksud adalah ungkapan filosofis yang menyatakan bahwa “kebutuhan dasar manusia dimulai dari kebutuhan perut, kebutuhan bawah perut kemudian kebutuhan otak”. Setelah semua kebutuhan tersebut terpenuhi maka hal selanjutnya adalah naluri manusia untuk berbagi hal yang dia anggap baik dengan orang lain. Kita ketahui bersama orang tua yang meyakini kejujuran itu sebuah kebaikan akan berusaha menanamkan keyakinan itu kepada anaknya dan juga orang lain. Kesimpulannya bahwa jangan dianggap ngeblog ini sebagai kegiatan yang tidak bermanfaat karena bisa jadi untuk sebagian orang kegiatan ini merupakan salah satu jalan untuk memenuhi kebutuhannya, yaitu jalan berbagi ide yang dianggap baik dengan orang lain.

Postingan ini diikutsertakan dalam : Kontes Ayo Ngeblog: Saya Ngeblog, Kamu…??!! pada blog duniamuam

Photobucket

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Catatan. Tandai permalink.

28 Balasan ke Ayo Ngeblog : Jangan Berpikir Ini Hanya Narsis!!

  1. Asop berkata:

    Ayo Ngeblog terus hingga internet hilang dari muka bumi!😀

  2. citute berkata:

    Let’s Ngeblog… salam kenal…

  3. veera berkata:

    lagi banyak kontes blog yak sekarang…:mrgreen:

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s