Kumpul Bersama Pasien KTK Hermina Bogor


Hari minggu tanggal 8 april kemarin akang mengikuti acara Gathering yang diadakan oleh Klinik Tumbuh Kembang RSIA Hermina Bogor. Kegiatan tersebut diadakan di kebun raya bogor yang diikuti oleh anak-anak yang sedang mengikuti berbagai macam terapi di KTK RSIA Hermina Bogor. Kesempatan berkumpul seperti ini sungguh sangat menyenangkan karena akang bisa bertemu dengan para orang tua yang dikaruniai anak-anak dengan berbagai kebutuhan khusus. Dengan saling bertemu maka para orang tua dapat saling berbagi pengalaman dalam menghadapi masalah anaknya masing2. Berkumpul bersama para orang tua ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) juga dapat melipat-gandakan semangat untuk terus berupaya memberikan yang terbaik buat anak kita karena kita merasa tidak sendiri dan banyak para orang tua lainnya yang juga sedang berjuang bersama kita. Acara dimulai dengan berjalan bersama didalam komplek kebun raya yang pagi itu terasa segar dengan udara yang masih dingin dan sejuk. Diantara sekian banyak peserta, Gilang termasuk yang belum mampu berjalan sehingga harus menggunakan kursi roda. Peserta di bagi dalam beberapa kelompok dengan tanda berbeda untuk masing2 kelompok. Gilang termasuk dalam kelompok “baju” sedangkan yang lain ada kelompok “ikan”, “pohon” dan “kupu – kupu”. Tidak ada kriteria apapun dalam pembagian kelompok ini, hal ini dilakukan hanya agar acara berjalan lebih tertib.

Dari awal panitia telah menegaskan bahwa acara ini adalah bentuk lain dari terapi yang biasanya dilakukan di rumah sakit. Berbagai macam perlombaan yang diadakan tidak dimaksudkan untuk mencari “sang juara” atau “sang terbaik”, sehingga tidak ada “hadiah” untuk semua perlombaan. Sesungguhnya acara ini sudah merupakan sebuah hadiah bagi kebanyakan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) karena mereka bisa beraktivitas bersama rekannya yang lain. Acara dimulai dengan pembukaan singkat oleh panitia yang terdiri dari para terapis yang sehari-hari membimbing peserta ini jadi bagi peserta lebih merasa nyaman karena dibimbing oleh orang2 yang telah dikenalnya. Setelah terbagi kedalam beberapa kelompok mulailah kelompok pertama jalan santai kemudian diikuti oleh kelompok lain dengan jeda waktu yang ditentukan.

Sepanjang rute jalan santai ada 4 pos yang dilewati dimana di setiap pos peserta mendapatkan pin yang bentuknya macam2 ada yang berupa binatang, hurup dan angka sedangkan di pos terakhir mendapatkan sebuah bendera.Para peserta terlihat senang mengikuti jalan santai ini walaupun sebagian orang tua ada yang sibuk mengatur anaknya yang “mogok” ditengah jalan. Berjalan bersama anak2 berkebutuhan khusus tentu tidak sama dengan anak kecil pada umumnya. Karakter mereka berbeda-beda dan pada umumnya sulit diatur sehingga suasana pun terdengar ramai oleh teriakan para orang tua mengatur anak2nya. Setelah acara jalan santai berakhir semua peserta beristirahat sambil membuka bekal makanan yang dibawa masing2, tidak lupa juga mereka saling tukar menukar makanan. Para panitia mempersiapkan perlengkapan untuk acara selanjutnya disaat peserta istirahat.

Disaat itulah Gilang mulai sedikit gelisah, entah karena hari sudah mulai siang dan udara pun mulai panas. Akang pikir Gilang sudah bosan duduk di kursi roda dan ingin tiduran di tikar, tetapi tetap saja Gilang gelisah dan menangis. Semakin lama tangisan Gilang semakin tidak tertahan sehingga kami meminta izin kepada panitia untuk pulang duluan. Akhirnya kami tidak mengikuti acara hingga selesai dan kamipun pulang sambil berharap acara seperti ini bisa diadakan kembali dilain waktu.

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Cerita Gilang dan tag , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Kumpul Bersama Pasien KTK Hermina Bogor

  1. sanAgus berkata:

    semoga kebaikan tetap menaungi kebahagian ini,
    CARA NASI TETAP HANGAT ALAMI

  2. zalfa juga alumni RS Hermina kang
    zalfa lahir di RS Hermina Arcamanik Bandung 27mnggu bb : 1445gr dan pb : 41,5cm
    selama 3bln di nicu Zalfa 2x mengalami kehilangan/lupa nafas (ilang nadi) bahkan membengkak krn cairan infusan hampir 70% masuk k bwh kulit…
    operasi bedah paru,karena katup paru2nya bocor…
    dokter bilang zalfa perkembangannya cukup baik skr
    sy pake nutrisi dr tianshe jg hydroxygen.berapapun itu,sy pasti usahakan beli dan mengharapkan zalfa cpt tumbuh kembangnya………

    klo boleh tau,apakah suntik botox,kang?
    kpn dilakukan?dan knapa?makasih

  3. arman budiman berkata:

    salut , jadi nangis saya😦

  4. ocekojiro berkata:

    Salut kepada para orangtua anak anak ‘ABK ini juga mereka yg mendedikasikan hidup mereka kepada anak anak tidak berdosa ini,,, mereka sadar betul bahwa mereka mengemban amanat besar dari Tuhannya berupa ‘titipan anak anak yang kelihatannya bermasalah tetapi pada hakikatnya membawa berkah.

  5. sunarno2010 berkata:

    semoga acaranya memberikan kesan yang mendalam dan berpengaruh positif terhadap perkembangan ABK tersebut

  6. yourha berkata:

    mgkin karena capek juga kale mas, makanya pengen pulang..hehe

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s