Renungan Hari Cerebral Palsy Sedunia

Setelah 6 tahun bergelut dengan kehidupan bersama seorang anak penyandang Cerebral Palsy baru sekarang akang mengetahui ada banyak orang diluar sana yang menyepakati bahwa setiap tanggal 4 September diperingati sebagai Hari Cerebral Palsy Sedunia. Hal ini pertama kali akang ketahui lewat jejaring sosial Facebook yang akang ikuti bernama Rumah Cerebral Palsy. Entah mengapa tanggal tersebut yang dipilih sebagai hari CP sedunia, akang sendiri belum menelusuri lebih jauh. Kegiatan hari Cerebral Palsy kali ini mengusung tema “Change My World In 1 Minute”. Menurut informasi dari “worldcpday Org” cara mengikutinya adalah bagi siapa saja yang terlibat langsung atau tidak langsung dengan orang2 penyandang CP untuk membuat tulisan berisi tentang ide-ide mereka untuk memperbaiki kehidupan penyandang CP. Tulisan ini dikirim ke penyelenggara untuk kemudian di vote oleh para pembaca. Tulisan yang paling banyak dipilih akan menjadi program yang bisa direalisasikan dalam kehidupan nyata. Banyak kegiatan yang direncanakan oleh para pemerhati masalah CP di Indonesia juga mulai dari acara seminar sampai jalan santai. Beberapa teman di grup Rumah Cerebral Palsy malah ada yang menyarankan untuk melakukan kegiatan lepas balon udara bersama. Melihat antusiasme mereka akang merasa salut karena akang sendiri semakin lama semakin berkurang semangatnya dalam menjalankan terapi bagi Gilang. Tidak seperti sebelumnya saat Gilang berusia antara 1 – 3 tahun, akang sangat aktif mencari informasi apapun mengenai CP ini baik melalui dunia maya ataupun dunia nyata. Berbagai seminar akang ikuti, puluhan buku akang peroleh walaupun terkadang harus dengan mem-fotokopi dari teman. Pada awalnya harapan akang akan kesembuhan Gilang begitu tinggi sehingga semangat pun berlipat ganda. Tetapi seiring waktu berlalu harapan itu semakin menipis bahkan terus menipis. Semangat yang dulu membara perlahan mulai pudar seiring menipisnya harapan akan keadaan Gilang untuk bisa mencapai keadaan bisa hidup mandiri dalam memenuhi kebutuhan dasarnya.
Jika melihat forum-forum diskusi di facebook akang memang melihat bahwa yang aktif mengikuti adalah orang-orang yang mempunyai anak CP berumur 0 hingga 3 tahun. Sedikit orang tua yang aktif dalam forum CP ini yang usia anaknya diatas 5 tahun, entahlah mungkin kebanyakan dari mereka mengalami hal yang sama seperti yang akang rasakan. Dalam forum-forum tersebut akang hanya menjadi silent reader dan hanya sekali-kali turut nimbrung. Kabar tentang adanya hari Cerebral Palsy sedunia pun seakan tidak mampu membangkitkan sedikit semangat dalam hati. Bagi akang sendiri dengan adanya Hari Cerebral Palsy sedunia bisa bermakna bahwa akang tidaklah hanya sendirian dalam menghadapi persoalan ini. Ternyata banyak orang diluar sana yang juga menghadapi permasalahan yang sama seperti yang akang hadapi. Menurut informasi di seluruh dunia ini ada sekitar 17 juta penyandang CP dan 350 juta orang yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung dengan masalah CP. Dengan demikian tidaklah perlu ada perasaan menghiba rasa kasihan dari orang lain karena sejatinya hidup ini adalah perjuangan. Hikmah lain dari adanya peringatan ini bagi akang adalah pasti ada banyak orang yang menganggap CP ini sebagai masalah yang harus diatasi. Pasti banyak ilmuwan dan para ahli kesehatan yang berusaha dengan sekuat tenaga agar masalah ini bisa diatasi sehingga dimasa mendatang Cerebral Palsy tidak menjadi masalah yang merugikan lagi. Akang pun meyakini tidak semua orang yang menghadapi masalah CP ini se-apatis akang, banyak yang selalu berpikiran positif dan tetap semangat sepanjang hidupnya. Tetapi bagaimanapun kenyataannya akang tetap antusias dengan adanya peringatan Hari Cerebral Palsy Sedunia ini semoga peringatan seperti ini akan membawa perubahan kearah yang lebih baik bagi para penyandang Cerebral Palsy.

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Cerita Gilang dan tag . Tandai permalink.

26 Balasan ke Renungan Hari Cerebral Palsy Sedunia

  1. nissa rosyanti berkata:

    ya Allah berilah ketabahan untuk ibuku…..

  2. nissa rosyanti berkata:

    ya Allah semoga adik saya yg bernama Mega lestari itu diberikan keajaiban darimu…Amieeen

  3. dreamer berkata:

    Anak saya juga cp, skrng usia 6 bulan.. yg paling menyedihkan karena cp pengihatan anak saya terganggu, dari lahir sampai skrng dia tidak pernah menatap saya, bahkan tersenyum karena dia tidak tahu yg dia lihat itu apa. Saya tidak peduli dia akan seperti apa, saya hanya ingin dia melihat saya yaitu ibunya.

  4. ummu fathir berkata:

    hi,saya juga punya anak dengan cp,sekarang sudah sekolah tk di tk biasa..

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s