Andai Tak Ada Tanggal 9 September

9 September
Adalah tanggal yang spesial buat akang karena merupakan hari lahirnya Gilang. Kebanyakan orang tua tentunya merasa gembira dengan kedatangan hari lahir anaknya. Walaupun tidak semua orang merasa penting untuk merayakan hari ulang tahun anaknya, faktanya orang tua yang merayakan hari kelahiran anaknya tetap saja ada. Akang pribadi tidak pernah merayakan hari lahir gilang, namun demikian akang tidak bisa menolak jika ada kerabat yang merayakan hari tersebut untuk Gilang. Dengan alasan ingin membahagiakan Gilang dengan segala keadaanya yang istimewa dibanding anak-anak kebanyakan. Dihari itu banyak saudara dan teman akang yang mengucapkan selamat beriring do’a untuk Gilang.

Menyikapi ini akang menerima segala keikhlasan saudara2 dan teman2 semua yang memberi perhatian kepada Gilang. Bukan sebagai keharusan untuk mengingat-ingat hari kelahiran Gilang, tetapi dengan perhatian sedemikian akang menyadari banyak saudara dan teman akang yang masih mau mendukung akang. Jika akang pribadi ditanya apakah akang merasa bahagia dihari kelahiran tersebut. Maka jawabannya tidak sepenuhnya bahagia. Kebahagiaan akang datang dari perasaan syukur karena telah diberi kepercayaan oleh Alloh SWT untuk mengasuh Gilang. Dengan kedatangan hari lahir Gilang seakan itu mengingatkan bahwa akang harus semakin banyak dan bertambah rasa syukurnya. Ucapan2 selamat dari handai taulan juga menambah rasa syukur akang atas karunia Alloh berupa dukungan dari semua orang yang juga ikut menyayangi Gilang.

Disamping kebahagiaan yang dirasakan, sejujurnya akang akan meminta andai saja tidak ada tanggal 9 september. Permintaan itu selalu muncul manakala akang melihat keadaan fisik Gilang. Pergantian tahun tidak serta merta mendatangkan perubahan akan kemampuan Gilang. Kata-kata “ulang tahun” seakan terdengar menyakitkan karena sepertinya tidak ada tahun yang berulang untuk Gilang. Dari tahun ke tahun seakan waktu berjalan ditempat, tak ada tahun ke-1, ke-2, ke-3 dst. Deretan angka tersebut seolah deretan peringatan betapa tertinggalnya Gilang dari anak-anak seusianya. Perbandingan pun tidak datang jauh-jauh dari luar sana. Gilar adalah contoh terdekat betapa sang adik mendahului kakaknya (Gilang) dalam segala hal.

9 september
Tanggal yang tidak bisa akang melupakannya walaupun telah berusaha. Tidak seperti tanggal lahir Gilar (sang adik) yang bahkan akang terlupa untuk sekedar menulis catatannya di blog ini beberapa bulan yang lalu. Namun demikian tanggal 9 september pasti akan terulang ditahun-tahun mendatang. Dan entah akang atau Gilang masih hidup disaat tanggal tersebut datang. Sungguh hanya Alloh yang tahu.

9 september
Kau datang kembali
Kau lukai kembali
Kau semakin menua
Kau samakin renta
Namun
Gilang adalah kata-kata
Tak pernah menua
Gilang adalah sajak
Yang selalu belia

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Cerita Gilang dan tag . Tandai permalink.

21 Balasan ke Andai Tak Ada Tanggal 9 September

  1. zamir berkata:

    9 september sebuah angka yg tk akan terlupakan bahkan selalu d ingat oleh adinda gilang, berikanlah kebahagiaan kpd anak@ kt selagi kt masih bs melakukanx,

  2. Tak ada kata terlambat…Selamat Ulang Tahun GIlang..berbahagialah,…. ananda memiliki orang tua dan keluarga yang luar biasa menyayanginya, Om yakin ananda bisa merasakannya.Congratulation

  3. rina tea berkata:

    i just wanna say that you must be a great father..gilang has a great parents. Allah always give the best 4 us…

  4. Ilham berkata:

    wah telat banget ya..tapi selamat ultah deh buat gilang.
    memang harus sabar ya kang. kalo kata mamak saya, Tuhan itu menyaksikan bagaimana kita menjalani tiap fase hidup, apakah dijalani dengan positif atau tidak. jadi mari buat yang terbaik. because it’s not always easy but there’s always hope.🙂

  5. puisinya bagus sekali Kang😦😦
    tetep semangat ya…!!!
    terima kasih sudah berbagi cerita

    “Gilang adalah kata-kata
    Tak pernah menua
    Gilang adalah sajak
    Yang selalu belia”

  6. yisha berkata:

    happy bday Gilang……… 😀

  7. Hijihawu berkata:

    Selamat ulang tahun Gilang…
    Salam sayang untuknya Kang…

  8. pursuingmydream berkata:

    Lieber dik Gilang alles gute zum Geburtstag = dear dik Gilang selamat Ulang Tahun🙂.

  9. Citra Taslim berkata:

    Selamat ulang tahun buat dik Gilang.
    Walaupun Gilang mungkin tidak memahami arti sebuah ucapan. tapi Gilang pasti mengerti bahasa kasih sayang dari orang2 yang tulus mencintainya seperti Abi, Ummi, ataupun Gilar.

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s