Akbar Dan Kereta

CIMG2288 (640x480)

Perkenalan akbar dengan kereta dimulai dengan sebuah gambar yang akang unduh dari Mbah Gugel. Dalam rangka memperkenalkan akbar dengan “dunia” maka salah satu medianya adalah melalui gambar. Bermacam kendaraan akang kenalkan kepada akbar dari mulai andong hingga bis kota. Salah satu kesukaan akbar adalah kereta api, mungkin karena bentuknya yang berbeda dari yang lain. Walaupun dalam menyebutkan nama-nama kendaraan tersebut akbar hanya bisa menyebut ujungnya saja seperti, mobil disebut mbim, pesawat disebut at dan kereta disebut eta. Namun tujuan akang untuk membedakan jenis-jenis kendaraan tersebut tetap tercapai. Anak-anak kecil disekitar rumah sering manyanyikan lagu “naik kereta api” sambil berjalan beriringan. Permainan inilah yang biasa ditiru akbar, saat dirumah akbar meminta akang dan istri saling memegang baju bagian belakang belakang sambil berjalan seolah rangkaian kereta. Tak lupa kami juga harus bernyanyi “…naik kereta api tut…tut…tut. Siapa hendak turut…”.

CIMG2295

Perkenalan berikutnya meningkat melalui tayangan video tentang kereta. Lagi-lagi Mbah Gugel menjadi andalan akang untuk menyediakan sebuah video kereta yang “live” dimata akbar. Tentu saja akbar merasa senang melihat kereta-nya kini bergerak dan mengeluarkan suara. Hampir tiap hari akbar meminta diputarkan video kereta yang ada di laptop akang. Seringkali akang mendengar kabar dari si Uwa pengasuh kalau akbar meminta diputarkan video-nya ketika akang dan istri bekerja, padahal si Uwa samasekali nggak bisa menggunakan laptop. Agar kejadian ini tak terulang maka akang belikan kereta api mainan untuk akbar. Dengan kereta baru-nya akbar terlihat semakin senang. Kereta miliknya kini bisa diraba dan disentuh setelah sebelumnya keretanya hanya ada didalam layar. Sambil memainkan keretanya tak henti mulutnya mengeluarkan suara kereta versinya sendiri yang terdengar sama dengan suara ketika ia memainkan mobil-mobilan.

CIMG2281 (640x480)

Melihat betapa senangnya akbar dengan kereta, istri akang memaksa akang untuk sekali-kali mengajak akbar naik kereta sungguhan. Mengikuti permintaan istri akhirnya akang berencana akan mengajak akbar untuk naik KRL commuter line pada hari libur Nyepi selasa yang lalu. Rencana akang untuk mengajak akbar naik KRL ternyata terdengar neneknya akbar di bogor. Neneknya akbar seumur hidupnya belum pernah merasakan naik kereta. Ketika mendengar kabar akbar bakal diajak naik KRL dia begitu antusias ingin ikut jalan-jalan. Akhirnya acara jalan2 akbar diikuti keluarga besar istri akang yang kebanyakan memang belum pernah merasakan naik kereta.

CIMG2277 (640x480)

Tiba di stasiun Bogor dan untuk pertama kalinya melihat kereta sungguhan membuat akbar sedikit bingung. Akbar tidak menunjukkan rasa gembira melihat kereta kini berada didepannya. Hingga kereta benar2 berjalan pun reaksi akbar masih biasa-biasa saja. Pada awalnya kami berencana naik KRL jurusan Jakarta Kota dan jika sempat akan mampir di kota tua. Namun ketika tiba di stasiun, kereta jurusan kota telah penuh sehingga kami mengubah tujuan ke tanah abang. Niat kami memang hanya ingin naik kereta jadi kemana pun tujuannya tidak menjadi masalah. Tiba di stasiun tanah abang kami turun dan berniat mengunjungi pusat perbelanjaan disana. Namun dipasar yang letaknya didepan stasiun, begitu penuh dengan orang-orang yang berbelanja. Kami mengurungkan niat ke pasar tanah abang dan hanya makan jajanan yang ada dipinggir jalan untuk mengganjal perut.

CIMG2286 (640x480)

Perut telah kenyang dan tiba waktunya kembali ke bogor. Setelah membeli tiket KRL commuter line kami menunggu di kursi tunggu. Ketika menunggu inilah akbar melihat kereta yang sedang parkir di seberang rel. Akbar menangis mengajak akang untuk segera menaiki kereta tersebut. Walaupun dibujuk dengan cara apapun agar sabar menunggu KRL yang menuju bogor tetap saja akbar tidak mau mengerti. Akang merasa heran mengapa baru kali ini akbar begitu menginginkan naik kereta padahal beberapa saat sebelumnya dia baru saja turun dari kereta. Menurut istri akang mungkin saat didalam kereta akbar tidak begitu menyadari kalau dirinya berada didalam kereta. Bentuk kereta yang ada dikepalanya adalah kereta yang terlihat dari luar. Saat didalam kereta bentuk kereta yang akbar lihat tidak seperti yang ada didalam ingatannya. Kereta yang ditunggu pun akhirnya tiba dan kali ini akbar benar2 tampak menikmati perjalanan menaiki kereta.

CIMG2279 (640x480)

Semoga pengalaman ini membuatmu gembira Nak..! Tapi jangan dulu minta ayah mengenalkanmu dengan pesawat terbang ya! Soalnya ayah sendiri belum pernah naik pesawat terbang, sekarang ayo kita bermain kereta api sambil bernyanyi.

Naik kereta api tut tut tut
Siapa hendak turut
Ke bandung surabaya
Ayolah naik dengan percuma
Ayo kawanku lekas naik
Keretaku tak berhenti lama

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Cerita Akbar dan tag , , . Tandai permalink.

14 Balasan ke Akbar Dan Kereta

  1. ~Amela~ berkata:

    waah.. jadi ketagihan naik kereta nih ya akbar..
    sampe ngambek begitu…
    tanah abang emang selalu rame kang, apalagi hari libur begitu
    aku mah udah trauma jalan2 ke sana.. hahah

  2. bundamuna berkata:

    eh kereta mainan akbar persis kayak punya anak saya itu akang, cuman punya dia udah lusuh, kado ultah pas dia umur setahun dari sodara🙂
    di dekat rumah ada stasiun KA, tiap sore rame banget, tempat untuk momong jadi banyak yang jualan di situ, ada odong-odongnya juga😀

  3. niee berkata:

    akbar seneng ih, kalau tante naek keretanya baru waktu umur 20 tahun loh >.<

  4. Wah…, Akbar naik kereta api sungguh jadinya ya, Kang. Tentu Akbar senang sekali.

  5. Dunia Ely berkata:

    Jadi akan seringkah Akbar naik kereta api lagi ?😛

  6. nengwie berkata:

    Akbar lucuuu…
    Jadi ingat Atul waktu kecil, senengnya “mangkal” di stasion, lihat macam2 bentuk dan dua warna yg pasti mah, putih sama merah.

    Beranjak ke film thomas, sampai koleksi mainan itu semuaaa kereta, sekarang mah ditengok jg ngga hehehe

  7. JNYnita berkata:

    Sepupuku ada yang terobsesi dengan kereta.. sampe skrg, udah mau smp, cita2nya selalu berhub dgn kereta tapi meningkat dari penjaga rel kereta api dan skrg pgn jd direktur ptkai.😉

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s