Kala Jenuh Melanda

BOSAN

Kesibukan sehari-hari yang kita jalankan seringkali membuat kita merasa jenuh. Selalu saja ada masalah yang harus dipecahkan dan perlu pemikiran yang melelahkan. Namun ternyata bisa juga yang membuat jenuh bukanlah banyaknya masalah yang harus dipecahkan tetapi justru kita tidak pernah menghadapi masalah. Semua rencana berjalan lancar sehingga kita selalu berada di zona nyaman (pinjem istilah para motivator). Bagi seseorang yang bekerja sebagai karyawan melewati hari dari senin hingga jumat seperti robot. Sehari-hari berangkat bekerja tak pernah berselisih waktu lebih dari lima menit, selalu jam itu dan itu lagi. Jika hari ini di persimpangan lampu merah A beriringan dengan pengendara motor berjaket merah bertuliskan “robot motor cumunity” (misal) maka bisa jadi besok atau lusa pada jam yang sama kita bisa bertemu lagi dengan pengendara yang sama di persimpangan yang sama.

Keadaan seperti ini bagi sebagian orang mungkin tidak dianggap sesuatu masalah besar. Mungkin mereka akan mengajukan pertanyaan “memangnya kenapa kalo sehari-hari berjalan seperti itu-itu saja, yang penting kan kita bisa mencari nafkah untuk makan sehari-hari?”. Sepertinya keadaan tersebut telah menjadi takdir baginya dan tak perlu ada yang perlu dikhawatirkan. Namun pada dasarnya manusia itu mempunyai rasa jenuh yang jika sudah waktunya muncul sering membuat stres. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah jika anda mengalami kejenuhan dalam hal apapun maka apakah yang akan anda lakukan?.

Akang sendiri saat datang kejenuhan suka melakukan hal-hal yang baru. Misalnya tiba-tiba saja akang ingin memakai pasta gigi yang biasa dipakai Akbar. Anda tahu sendiri kan kalau pasta gigi anak-anak itu mempunyai bermacam-macam rasa dengan warna yang menarik. Saat menyikat gigi ternyata akang merasakan bahwa dunia ini tidak hanya berasa mint dan fluoride tetapi juga strawberry dan lemon. Sungguh bahagia bisa merasakan apa yang dirasakan anak kecil walaupun hanya rasa strawberry pada pasta gigi. Hal ini bisa jadi karena sewaktu akang kecil biasa menggunakan pasta gigi yang juga biasa dipakai orang tua.

Hal lain yang akang lakukan jika sedang merasa jenuh adalah mendatangi rumah kerabat tanpa tujuan apapun. Suatu ketika akang bersepeda di hari minggu pagi dan melewati rumah salah satu kerabat istri akang. Padahal sebelumnya akang dan istri hanya pernah sekali berkunjung ketika baru menikah, istri akang saja jarang sekali berkunjung kesana. Tiba-tiba akang berkeinginan untuk mampir, terang saja kerabat itu merasa keheranan dengan kunjungan akang. Berkali-kali mereka menanyakan tujuan sebenarnya akang mampir, mungkin dipikirnya akang mempunyai maksud tertentu berkunjung. Bahkan untuk meyakinkan mereka menelepon istri akang dan mengatakan bahwa akang ada dirumahnya. Istri akang yang cukup hapal dengan sikap akang hanya tertawa dan meyakinkan bahwa akang memang suka sekonyong-konyong datang ke rumah kerabat.

Menikmati perjalanan adalah salahsatu hal yang akang anggap bisa menghilangkan kejenuhan. Ceritanya sejak mempunyai anak akang selalu mudik dengan seluruh anggota keluarga. Alhasil didalam perjalanan akang merasa kurang menikmati perjalanan karena jika membawa anak-anak pasti repot. Misalnya tiba-tiba saja akbar bosen sehingga akang harus berhenti dulu dan mengajak akbar bermain diluar. Selain itu urusan kebelet pasti jadi hal yang tidak asing dalam perjalanan bersama keluarga. Sekali waktu akang merasa ingin mudik sendirian tanpa ditemani istri dan anak-anak. Ternyata melakukan perjalanan sendirian bisa menyegarkan pikiran.

Melakukan perjalanan sendiri seolah napak tilas ketika pertama kali merantau di Jakarta. Sengaja akang menggunakan angkutan bis yang dahulu biasa akang gunakan untuk mudik. Akang teringat jika naik bis sering sengaja mengosongkan kursi disebelah akang. Jika ada penumpang lain yang sedang mencari kursi maka dikursi tersebut akang sengaja simpan tas akang agar penumpang tersebut tidak mendudukinya. Tetapi jika ada perempuan cantik yang mencari kursi kosong maka kursi tersebut akang persilahkan untuk diisi (ceritanya lagi usaha:mrgreen: ). Yang berbeda dalam perjalanan didalam bis saat ini dan dahulu adalah adanya bermacam gadget. Dahulu selama perjalanan ramai terdengar obrolan diantara sesama penumpang bahkan obrolan bisa berlangsung higga terminal tujuan. Kini suasana perjalanan didalam bis lebih sepi. Setiap orang lebih asyik dengan gadget-nya masing2.

Itulah beberapa hal yang pernah akang lakukan ketika merasa jenuh dengan pekerjaan sehari-hari. Kegiatan apa saja yang sahabat blogger lakukan jika mengalami kejenuhan ?

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , . Tandai permalink.

23 Balasan ke Kala Jenuh Melanda

  1. rico berkata:

    hanya bisa bersabar…badai pasti berlalu…

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s