Daun Saga Bikin Lega

saga1

Sebulan terakhir sering terdengar pertanyaan atau lebih tepatnya keluhan dari orang-orang disekitar akang. Mereka menanyakan sebenarnya sekarang ini musim panas atau musim hujan ?. Mungkin juga anda pernah menanyakan hal yang sama. Di wilayah Jakarta sering terjadi ketika cuaca panas tiba-tiba terjadi hujan yang cukup deras namun terjadi sebentar saja. Anomali musim yang terjadi akhir-akhir ini membuat kita gampang terserang penyakit seperti flu, pilek dan batuk. Begitu pun terhadap anak kecil yang memang lebih mudah terserang penyakit pada keadaan cuaca seperti yang terjadi sekarang ini.

Batuk pilek dan disertai panas telah dialami Akbar tiga hari terakhir. Sebagai orang laboratorium akang pun memastikan bahwa Akbar tidak terkena demam berdarah dengue. Setelah di periksa ternyata negatif akang menyimpulkan bahwa panas tinggi yang diderita Akbar memang disebabkan oleh batuk dan flu. Untuk mengobati penyakit seperti ini akang menggunakan obat tradisional yaitu air perasan daun saga. Seperti terlihat pada gambar pertama daun saga berbentuk kecil-kecil. Buatlah perasan daun saga dengan air putih tapi tidak perlu menggunakan air panas. Segenggam daun saga bisa dibuat untuk setengah gelas dengan cara diremas-remas dicampur air putih kemudian disaring. Tambahkan madu sebanyak kurang lebih dua sendok makan untuk setengah gelas perasan daun saga. Berikan kepada anak satu sendok makan tiga kali dalam sehari.

saga2

Air perasan daun saga juga bermanfaat untuk mengobati sariawan pada anak. Namun untuk mengobati sariawan tidak perlu ditambah madu. Air daun saga jika diminum terasa kesat di lidah dan rasanya sedikit pahit. Jika tidak kuat dengan rasa pahitnya maka bisa juga ditambahkan sedikit madu atau gula merah saat diminum. Bagi pembaca yang anaknya sedang menderita batuk pilek yang disertai panas maka obat ini patut dicoba. Batuk pilek pun jadi lega setelah minum air daun saga. Selamat mencoba !

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , . Tandai permalink.

22 Balasan ke Daun Saga Bikin Lega

  1. Noer berkata:

    Kalo gak salah kalo dikunyah, daun ini rasanya agak sedikit manis kang ya? Selain untuk sariawan ternyata banyak juga kegunaannya…

  2. Heru Piss berkata:

    Obat tradisional ya kang,,, Memang ternyata banyak sekali tumbuhan disekitar kita kalo tahu manfaatnya dan tidak semua orang tahu,,
    Sipp kang mantap.. ternyata akang lebih pengalaman di bidang ini..

  3. nyapurnama berkata:

    semoga Akbar sehat selalu… dan saya baru tahu daun saga tuh kayak gini..
    cuma familiar sama saga tuh karena waktu smp saya item, kalau pake baju merah suka dibilang “jiga siki saga..” *eh bisa bahasa sunda kan kang? hihihi*
    ternyata daun nya malah bermanfaat banget x)

  4. kangyan berkata:

    saya baru tau Kang, makasi ilmunya….
    moga Akbar lekas sembuh…..

  5. lambangsarib berkata:

    Matur nuhun akang, bermanfaat nih tulisannya.

  6. indra kh berkata:

    Waah jadi tertarik menanam saga. Nuhun informasinya kang🙂

  7. Saya malah baru tahu tentang manfaatnya, Kang. Semoga Akbar semakin sehat.

  8. nengwie berkata:

    Syafakallah kangge Akbar nya Kang, mugi enggal damang.

  9. nengwie berkata:

    Jazakalloh khoir kang, euuhh kalau di tempat abdi, gentosna naonnya ??
    Ieu abdi batuk ti Bandung dugi ka Jerman deui, masih betah wae😦

  10. pursuingmydreams berkata:

    Terima kasih untuk informasinya kang!🙂. Disini cuaca juga ga jelas seminggu hujan tiap hari, lalu panas, hujan lagi. Semoga Akbar segera pulih kembali kang😉.

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s