Blog Mangkrak ? Coba ini !

mangkrak
Berapakah jumlah minimal postingan yang sahabat blogger tulis dalam sebulan? Akang yakin sahabat blogger punya target masing-masing untuk menjawabnya. Coba cek lagi arsip tulisan sahabat apakah targetnya selalu terpenuhi atau lebih banyak yang meleset? Akang sendiri punya target minimal 15 postingan dalam sebulan dan ternyata selalu meleset. Kesibukan menjadi kambing hitam yang nggak pernah protes ketika disebut sebagai alasan. Padahal belum menjadi caleg nih gimana juga nanti kalau mau nyapres ?

Banyak yang bilang menulis itu mengeluarkan isi otak, untuk itu otaknya harus selalu diisi dengan cara membaca. Sayangnya kalau sudah baca biasanya akang malah keasyikan baca apalagi yang dibacanya novel. Sebelum sebuah novel selesai maka tak ada kegiatan lain yang bisa mengganggunya selain si “kambing hitam” yang diatas. Alhasil blog pun mangkrak selama proses “isi otak”. Ketika otak diisi dengan berita dari media masa malah pusing karena isinya yang melulu soal korupsi, politik tikus para politikus dan lain sebagainya. Diantara proses isi otak mungkin hanya blogwalking yang cukup mengasyikan. Akang bisa memilih tema yang diinginkan terus bisa kasih komen bahkan membaca komen orang lain pun sering mengasyikan.

Kambing hitam lain penyebab blog mangkrak adalah block writing atau otak buntu. Laptop ada, koneksi mantap, kolak pisang sama kurma tak ketinggalan (ceritanya nunggu buka puasa🙂 ) tapi ketika mau nulis teryata si ide malah ikut ngabuburit keluar rumah. Akhirnya blog pun tetap mangkrak tanpa update postingan.

Ketika kambing-kambing hitam semakin banyak dan blog semakin mangkrak maka tak ada kata lain yang harus dibangkitkan untuk ngeblog selain SEMANGAT. Nah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendongkrak semangat adalah dengan membaca-baca kembali komentar paling pertama yang mampir di blog kita. Saat pertama kali menerima komentar dari pembaca blog perasaan akang begitu senang. Ingin rasanya koprol sambil jungkir balik sampai-sampai lupa sama cicilan rumah:mrgreen: . Padahal komentarnya cuma “nice posting…salam kenal” . Selain komentar paling pertama bisa juga membaca-baca kembali tulisan yang kita anggap paling membanggakan. Diharapkan dengan cara seperti ini semangat yang dulu pernah dirasakan bisa hadir kembali saat ini sehingga blog kita tak lagi mangkrak. Selamat mencoba…..😆

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag . Tandai permalink.

33 Balasan ke Blog Mangkrak ? Coba ini !

  1. Yudhi Hendro berkata:

    tetap semangat menulis, kang. tulisan ini salah satu warisan buat anak cucu kita🙂

  2. kanyan berkata:

    dulu punya target, pernah keasampaian kesininya gak kesampaian…. sekarangmah sahayunawe, sayahmah Kang hehe….

  3. Orin berkata:

    Orin kadang bisa post tiap hari kang (kecuali kalo wiken), tapi tergantung jg sih hihihihi

  4. Mangkarak? blog saya banget kang …

    sebulan rata2 cuma 2 tulisan😦

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s