Cantik Gunung

cantik gunung

X : “Apa kabar Kang?”
Y : “Alhamdulillah baik”
X : “Itu gambar apaan sih Kang?”
Y : “Oh itu foto jalan yang lagi dilebarin, tuh keliatan ada alat berat disana kan?”
X : “Memangnya mau nulis apa Kang, koq pake foto seperti itu?”
Y : “Mau cerita Akbar yang lagi suka sama beko”
X : “Beko apa sih Kang”
Y : “Itu tuh alat berat yang ada mangkuk gede buat ngeruk tanah, katanya sih nama aslinya backhoe, maklum kalo akang kan orang sunda jadi yang gampang aja sebutannya jadi beko:mrgreen:
X : “Gimana ceritanya tuh Akbar jadi seneng sama beko?”
Y : “Kan akhir2 ini lagi mo lebaran trus jalanan banyak yang dilebarin termasuk yang biasa akang lalui kalau ke bogor. Nah Akbar suka lihat beko dipinggir jalan dan suka nanya akang itu mbim (maksudnya mobil) apa?”
X : “Terus kenapa akang nggak berhenti aja buat foto Akbar di beko yang ada dipinggir jalan itu?”
Y : “Ya nggak mungkin lah! akang nggak mungkin menghentikan mobil cuma buat foto Akbar dideket beko. Lagian setiap lewat tuh beko pasti lagi kerja berat, kalau akang berhenti pasti bakal bikin macet ntar malah diomelin orang”
X : “Biarin aja Kang yang penting Akbar senang:mrgreen:
Y : “Iya Akbar bakal seneng, tapi ntar mandor proyek tuh bisa-bisa ngedamprat akang, apalagi dijagain sama anggota ormas berseragam loreng”
X : “Emang kalau ngerjain proyek jalan suka dijagain anggota ormas Kang?”
Y : “Akang juga nggak tahu, tapi kenyataannya memang begitu koq?”
X : “Terus gimana donk? Kan kasihan Akbar kalau cuma lihat beko hanya sekilas-sekilas aja saat naik mobil?”
Y : “Justru itu yang mau akang ceritakan, kemarin saat maen ke rumah saudara di gerbang kompleknya ternyata ada beko yang lagi parkir malahan ada dua. Langsung aja akang suruh akbar lihat dan dia histeris kegirangan melihat beko dengan lebih jelas”
X : “Trus Akbar difoto nggak ?”
Y : “Tentu saja, tuh dibawah ada fotonya”

IMG_20130727_162903_0

X : “He he Bapaknya Akbar ganteng juga ya!”
Y : “Kamu ngomentarin akbar apa bapaknya sih?”
X : “Ngomong-ngomong akang bikin judul koq nggak nyambung sih Kang?”
Y : “Terserah akang donk mau bikin judul tulisan apapun, kan ini blog akang!”
X : “Iya tapi kan harus ada alasannya bikin judul sama tulisan “beko” ini”
X : “Baiklah akang bakal jelasin, selama ini akbar hanya melihat beko asli sekilas2 aja. Nah akang pun memperlihatkannya pake laptop, ternyata akbar makin tertarik sama si beko ini. Apalagi saat dibelikan mainan beko dari plastik, pokoknya dia makin seneng deh melihat beko.
Y : “Eh Kang saya kan nanya, nyambungnya dimana sama judul diatas?”
X : “Iya ini akang lagi jelasin, sabar donk! Ternyata saat akbar dibawa menaiki beko yang aslinya akbar terkesima. Mungkin dia nggak nyangka ternyata beko tersebut begitu besar ukurannya. Hal inilah yang membuat akbar malah jadi takut. Tuh kelihatan difotonya akbar tidak fokus padahal biasanya akbar suka narsis kalau difoto”
Y : “Jaka Sembung nangkep kodok, nggak nyambung koq?”
X : “Iya iya sebentar lagi akang bikin nyambung. Dalam bahasa sunda ada sebuah peribahasa yaitu “geulis gunung”, artinya seseorang wanita jika dilihat dari kejauhan tampak cantik tapi jika dari dekat tampak jelek. Kamu tahu kan, kalau gunung itu dari kejauhan terlihat mulus bentuknya juga warnanya. Tetapi kalau sudah dekat baru deh kelihatan kadang botak disebagian tempat, kadang ada jurangnya, pokoknya nggak cantik kelihatannya”
X : “Oh gitu, emang nggak ada padanan dalam bahasa Indonesia Kang biar semua orang ngerti?”
Y : “Justru itu akang belum ketemu, makanya geulis gunung akang artikan per-kata aja menjadi “cantik gunung” ”
X : “Okelah kalo begitu, saya baru ngerti Kang. Trus mo diposting kapan nih?”
Y : “Lha ini sudah langsung akang posting di blog, eh ngomong-ngomong beneran bapaknya akbar ganteng?:mrgreen:
X : “!@#$$%&^&*(+_)*(?><:"}{ "

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Cerita Akbar dan tag . Tandai permalink.

33 Balasan ke Cantik Gunung

  1. nh18 berkata:

    Akbar akan jadi insinyur sipil nanti nih …🙂

    Setuju … Bapaknya Akbar memang keren …
    hahaha

    Salam saya

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s