Foto Dan Ide

Banner2ndgiveaway2

Hadeuh….! Melihat postingan terakhir tertulis tanggal 15 September yang berarti sepuluh hari yang lalu. Hingga saat ini belum satu ide pun yang muncul dibenak akang untuk segera membuat postingan yang menghiasi blog tercinta ini. Padahal akang sudah bertekad untuk mengikuti GA yang diadakan oleh Mba Ika. Bahkan GA-nya sudah akang bookmark sejak pertama kali dilaunching. Sebuah tema dilemparkan oleh yang punya hajat tentang pengalaman agar tetap eksis ngeblog ditengah padatnya rutinitas harian. Bukan sebuah tema yang ada “diawang-awang” memang, namun tema yang sederhana dan hanya meminta menceritakan pengalaman pribadi menjadi terasa sulit saat ide sedang kabur entah kemana.

Salahsatu cara yang biasa akang lakukan untuk mencari “sang ide” dalam membuat tulisan di blog adalah dengan selalu membawa alat memotret kemanapun. Sebuah kamera saku sederhana yang akang miliki selalu setia mengikuti kemanapun akang pergi. Jika kamera sedang ngedrop baterenya maka tugasnya digantikan ponsel berkamera. Tidak seperti banyak blogger lain yang senang melakukan banyak travelling untuk mendapat objek foto, maka akang cukup mencari objek foto disekitar tempat yang akang lalui sehari-hari. Dirumah, diperjalanan menuju kantor, dirumah mertua, ditempat kerja pokoknya dimanapun dan hal apapun dapat memberi inspirasi untuk difoto maka kamera akang pasti beraksi.

Mengapa harus foto yang menjadi andalan sumber ide tulisan diblog. Hal ini karena akang percaya bahwa satu gambar bisa mewakili seribu kata. Sebuah pernyataan yang banyak disukai penikmat dan penggiat fotografi. Selain itu akang termasuk blogger yang berusaha untuk selalu menampilkan foto ataupun deskripsi lainnya dalam setiap postingan. Walaupun seringkali “keharusan” ini memaksa akang untuk comot gambar dari sumber lain dan ini bisa dibilang ilegal oleh sebagian pihak.

Bagi akang foto dan ide adalah dua hal yang menjadi sumber inspirasi berharga bagi tulisan akang diblog ini. Sebuah foto bisa mendatangkan beribu ide untuk diuraikan dengan rangkaian kata. Disaat lain sebuah ide yang timbul bisa memaksa akang untuk mendapat foto yang sesuai dengan ide tersebut. Cara menyimpan ide tulisan di draft memang telah dikenal banyak blogger dan akang pun termasuk salahsatu yang sering melakukannya. Selain draft berupa tulisan maka akang juga biasa menyimpan “ide” didalam bentuk foto. Ketika mengambil sebuah objek foto maka dalam pikiran akang telah disiapkan minimal sebuah judul untuk foto tersebut. Walaupun seringkali ketika hendak membuat postingan di blog sebuah foto benar-benar hanya menghasilkan sebuah judul tanpa keterangan lainnya. Hal inilah yang membuat akang semakin yakin bahwa sebuah foto bisa mewakili seribu kata, buktinya akang sendiri sampai kehabisan kata-kata untuk menceritakan apa yang ada difoto tersebut.

ide4

Foto ini diambil dengan bayangan sebuah judul postingan “Wheelchair For Wildan”. Foto ini diambil ditempat terapi Gilang. Masih berhubungan dengan postingan sebelumnya tentang rencana akang mengantarkan hadiah dari sahabat blogger untuk Wildan. Ternyata “proyek” ini mendapat sambutan baik karena ada yang hendak memberikan hadiah berupa kursi roda kepada Wildan. InsyaAllah ceritanya menyusul jika sudah terlaksana.

ide2

Foto ini adalah foto sepeda yang rangkanya patah. Sepeda tersebut punya anak tetangga akang teman main Akbar. Rangka sepeda patah ketika dipakai oleh Akbar. Judul yang direncanakan “Ulah Anak Tanggung Jawab Orang Tua” karena mirip dengan heboh kecelakaan “Jagorawi” yang sedang ramai dibicarakan di media masa.

ide6

“Beternak Lele” itulah judul yang dipersiapkan ketika akang memotret lele ini. Foto ini diambil saat akang sedang berada dirumah mertua di Bogor.

ide3

Mencuci mobil dihari libur sambil ngobrol dengan tukang cuci mobil memberi ide untuk membuat postingan berjudul “Belajar Hidup Dari Tukang Cuci Mobil”. Namun ketika hendak menuliskannya di blog akang hanya mampu menghasilkan satu paragraf dari foto tersebut. Cerita pun akhirnya bersemedi di draft.

ide5

Melihat akang memotret kaki Gilang, istri akang sampai protes dan menanyakan maksudnya. Ujung jari kaki Gilang tampak luka yang disebabkan oleh gerakan kaki Gilang yang tak terkontrol. Gilang menendangkan kakinya ke tembok dengan cara terus menerus dan menyebabkan luka. Judul yang terlintas dibenak ketika mengambil foto ini adalah “Bahkan Pelindung Pun Bisa Menyakiti”.

ide1

Tanpa sadar akang membaca tulisan disampul buku catatan terapi Gilang. Ketika akang memperhatikan apa yang tertulis muncul ide untuk kembali menulis tentang betapa beratnya hidup bersama seorang anak penyandang CP. Namun semua itu akan terasa ringan jika dilakukan dengan cinta. “Karena Cinta Aku Bertahan” adalah judul yang akang anggap pantas untuk tulisan yang menampilkan foto tersebut.

Begitulah foto-foto dengan segudang ide yang masih beredar diotak akang. Walau belum satupun yang berubah menjadi sebuah postingan namun dengan cara seperti inilah akang bertahan menjadi seorang blogger selama ini. Ide dan foto ini juga yang akhirnya akang tuliskan dalam curhatan yang akang ikutkan di GA-nya Mba Ika kali ini.

“Cerita ini diikutsertakan dalam 2nd Give Away Ikakoentjoro’s Blog”

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag . Tandai permalink.

33 Balasan ke Foto Dan Ide

  1. Orin berkata:

    Orin malah seringnya bikin silent post majang foto doang kang hihihihi.
    Gudlak ngontesnya ya Kaaang😉

  2. Ping balik: 2nd Give Away Closed

  3. Wah..kita sealiran Kang. Saya juga suka ambil foto.Jeprat jepret dulu..entah nanti ceritanya apa..
    Urusan belakang.
    Semoga sukses dengan kontes Give Awaynya Mbak Ika ya Kang..

  4. Erit07 berkata:

    Hebat akang,dari fhoto bisa di buat judul…

  5. Pendar Bintang berkata:

    Keren ya Kang….sayangnya saya selalu alpa untuk membuat cerita saat foto sudah diambil. Seperti saat mudik lalu, sengaja bawah kamera karena mikir perjalanan darat akan banyak moment yang bisa diabadikan nyatanya ngeluarin kamera aja males, ha ha ha
    Harusnya pakai HP, sama saja…memang kalau mau eksos yang tetep itu konsistensi ya Kak yg dijaga.

    Hani pikir adanya GA juga memegang peranan dalam keactivan kita update blog….gara-gara semangat ikut GA akhirnya blog Hani yang di blogdetik pun lumayan sering update, he he he

    Semangat terus, Kang….dan salam dari Bali…

  6. Tina Latief berkata:

    jadi ini ceritanya mengumpulkan sisa-sisa nyawa untuk ngeblog ya mas? hehehe semoga menang ya..🙂

  7. lazione budy berkata:

    Hhhmmm…, Short cut yang bagus buat tulisan.
    Pastikan HP selalu siap sedia buat jadi camera.
    😀

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s