Menciptakan Hening

” Mengheningkan cipta … mulai! ”
Suasana upacara seketika menjadi sunyi. Suara siswa yang sedang ngobrol dibarisan belakang pun berhenti. Semua peserta menundukkan kepala.

Hanya terdengar alunan lagu Mengheningkan Cipta yang dinyanyikan kelompok paduan suara. Itulah momen yang biasa dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa ini. Terutama pada peringatan hari pahlawan yang selalu diperingati setiap tanggal 10 November.

Mengingat perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari penjajah selalu saja membangkitkan kekaguman. Hanya ekspresi hening yang bisa dilakukan untuk mencoba menghayati nilai kepahlawanan mereka. Bisa juga keheningan muncul karena kesadaran bahwa jiwa kepahlawanan semakin sulit ditemukan kini. Sehingga setiap orang akan mempunyai gambaran masing2 tentang sosok pahlawannya. Keheningan juga timbul karena hati nurani setiap manusia cenderung bangga menjadi pahlawan. Tidak hanya cenderung tetapi juga berusaha untuk mewujudkannya. Hanya saja bahasa hati nurani adalah bahasa hening sehingga perlu sejenak keheningan untuk mendengarkannya.

Di lain pihak, kejahatan selalu saja memancing kegaduhan, hiruk pikuk dan kegentingan. Pengkhianatan pejabat negara memancing kemarahan rakyatnya. Hujatan dan unjuk rasa akan menghiasi hari-hari setelah kejahatan terungkap. Kalaupun kejahatan tidak pernah terungkap kegaduhan tetap akan muncul. Kejahatan segelintir orang selalu mengakibatkan kesengsaraan banyak orang. Kesengsaraan dalam skala luas tak pernah menghasilkan keheningan. Onar dan kegentingan bagaikan anak kandung dari kesengsaraan. Hiruk pikuk, kegaduhan, onar dan kegentingan bukanlah bahasa nurani. Bahasa nurani adalah hening. Hening dalam Cipta, Karsa dan Rasa. Mari mengheningkan cipta … menciptakan hening.

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag . Tandai permalink.

21 Balasan ke Menciptakan Hening

  1. Imron Rosyadi berkata:

    kalau sekarang mengheningkan ciptanya lagunya kikan yang diputar, “bendera” .:D

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s