Gagal Kopdar

tiket kereta api 2

Sisi nyata dari kegiatan ngeblog tentu saja bernama “kopdar”. Sebuah istilah yang berarti bertatap muka langsung antara dua atau lebih orang yang biasa berinteraksi di dunia maya. Kopdar dengan segala ceritanya selalu saja menghiasi cerita seorang blogger atau pengguna dunia maya. Memang sih banyak diberitakan oleh media masa bahwa kopdar bisa dijadikan ajang untuk melakukan kejahatan. Pelakunya menggunakan keterbatasan di dunia maya sebagai alat untuk melancarkan kejahatan kepada orang lain. Keterbatasan yang akang maksud yaitu dalam dunia maya akan sulit mengkonfirmasikan profil sebenarnya dari seseorang. Profil seseorang yang muncul didunia maya tentu saja adalah profil yang memang ingin ditampilkan oleh “pemilik profil” tersebut.

Cerita kejahatan seseorang lewat media “kopdar” tak lantas menghapus samasekali keberadaan kopdar. Seperti yang akang alami beberapa kali, ternyata kopdar bisa mempertemukan akang dengan orang-orang istimewa. Sebagai seorang blogger, akang biasa mengamati profil blogger lain melalui tulisannya. Postingan dalam sebuah blog yang tidak dibatasi oleh jumlah karakter memungkinkan profil “asli” seseorang akan muncul tanpa disadari lewat tulisannya. Nah dari sinilah akang bisa menentukan apakah kira2 jika bertemu bisa dapat “chemistry” atau malah nggak nyambung. Dan tampaknya hal ini sudah biasa dilakukan para blogger lainnya.

Hari pertama dibulan desember ini akang telah melakukan “kontak” dengan salah seorang sahabat blogger akang yaitu pemilik akun blog sisihidupku@wordpress[dot]com untuk kopdar di Sukabumi. Awalnya akang berniat ingin merasakan jalur kereta yang baru diluncurkan oleh PT Kereta Api Indonesia yaitu jalur Bogor – Sukabumi. “Pangrango” adalah nama yang disematkan untuk rangkaian kereta yang melayani jalur ini. Diambil dari nama sebuah gunung yang juga memisahkan Bogor dan Sukabumi. Apalagi Sukabumi adalah kota pertama yang akang tinggali sesaat setelah kuliah. Kota yang menjadi saksi saat akang pertama kali mencari nafkah sebelum terlantar di ibukota Jakarta. Dari info beberapa orang teman akang tahu ternyata untuk mendapatkan tiket kereta ini cukup sulit. Hal ini disebabkan minat yang tinggi dari masyarakat pengguna kereta api jalur Bogor-Sukabumi. Bahkan pemesanan tiket dibuka seminggu sebelum jadwal keberangkatan, waktu yang panjang untuk sebuah perjalanan yang hanya memakan waktu satu setengah jam.

Lima hari sebelum keberangkatan tiket kereta sudah akang dapatkan dengan mendatangi langsung stasiun tempat penjualan tiket. Walaupun pemesanan bisa dilakukan secara on line tetapi akang memilih dengan cara konvensional. Investigasi untuk bahan postingan lagi-lagi menjadi alasannya #mental blogger🙂 . Akang pesan tiket pulang-pergi dihari yang sama dengan memilih kelas ekonomi. Bukan karena tiket kelas eksekutif sudah habis namun karena semboyan “kalo bisa lebih murah kenapa harus yang mahal?” sangat cocok untuk akang. Komunikasi dengan “titik asa” (belum minta ijin buat nulis nama asli) dilakukan melalui WhatsApp untuk mematangkan rencana kopdar dengan keputusan “deal”. Dua hari menjelang keberangkatan ke Sukabumi akang mendapat kabar seorang kerabat meninggal di Bandung. Akang harus segera ke Bandung di hari sabtu dan sepertinya tak cukup sehari di bandung. Rencana yang sudah matang akhirnya harus “mentah” kembali karena kejadian diluar kemampuan akang.

*Postingan ini dibuat sebagai Laporan Pertanggung-jawaban buat Titik Asa sebagai bukti bahwa akang benar2 sudah beli tiketnya:mrgreen: Punteeen yaa Kang … !

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag . Tandai permalink.

24 Balasan ke Gagal Kopdar

  1. Ping balik: Lets Go PangranGo | Belajar Kehidupan

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s