Skateboard Untuk Gilang

sakteboard-ku

Setiap hari sabtu seperti ini seharusnya Gilang mengikuti terapi di KTK (Klinik Tumbuh Kembang) RSIA Hermina Bogor. Hanya saja kali ini Gilang tak bisa mengikutinya dikarenakan akang harus masuk kerja. Situasi seperti ini jelas membuat akang merasa bersalah. Andai saja tubuh ini bisa di “copas” tentu semua pihak yang berkepentingan akan merasa senang. Bagaimanapun dalam hidup tak semua keinginan selalu bisa terpenuhi. Lho koq pagi-pagi gini akang malah curcol tak keruan🙂 maafkan akang ya tereman tereman:mrgreen:

Untuk mempersingkat waktu langsung saja akang bakal cerita perkembangan terakhir Gilang (emang siapa yang penasaran Kang ? ). Dalam tiga kali terapi terakhir, terapis menjelaskan bahwa Gilang sedang “dikenalkan” dengan sebuah alat bantu baru. Sebuah papan dengan empat roda, beralas busa tentunya dan bisa dibilang mirip skateboard. Menurut pengamatan terapis, agak sulit mengejar ketertinggalan tumbuh kembang pada bagian kaki Gilang. Hingga saat ini yang bisa dibilang cukup “baik” dari alat geraknya adalah tangan. Oleh karena itu terapis ingin memanfaatkan yang tersisa demi tumbuh kembang Gilang yang lebih baik.

Selama ini Gilang melewati sebagian besar waktunya dengan terlentang. Berpindah posisi dilakukan dengan berguling atau mendorong badannya kearah yang dia mau. Hal ini menyebabkan sepanjang punggung Gilang terjadi penebalan (kapalan) terutama dibagian tulang belakang. Jika dibiarkan lama kelamaan kondisi seperti ini tidak baik untuk Gilang. Terapis ingin Gilang menggunakan skateboard sebagai penopang tubuhnya. Diharapkan mobilisasi Gilang lebih baik dengan alat ini. Untuk menggerakkannya Gilang harus mendorongkan tangannya ke lantai. Posisi yang diinginkan adalah Gilang duduk di papan dan membungkukan tubuhnya untuk mendorong dengan tangannya ke lantai. Jika tidak bisa maka Gilang tidur dengan cara telungkup sehingga tangannya mencapai lantai lebih mudah.

Sebuah alat sederhana ini harus disiapkan jika Gilang menunjukkan respon yang baik selama masa perkenalan. Akang sendiri tak tahu harus merasa senang atau tidak dengan kondisi ini. Menggunakan alat skateboard ini seolah sebuah pernyataan bahwa segala usaha yang dilakukan untuk mengoptimalkan kemampuan kaki Gilang telah mendekati akhir. “Menyerah” mungkin sebuah kata yang terlalu menusuk di telinga akang. Namun hidup bukan hanya tentang kaki, banyak manusia tanpa kaki yang menghadapi hidup dengan banyak prestasi. Seperti apa yang ditunjukkan anak-anak berkebutuhan khusus yang akang tonton tadi malam di acara Kick Andi di Metro TV. Banyak inspirasi yang bisa dihadirkan oleh para ABK. Dan tulisan ini sejatinya juga terinspirasi dari apa yang mereka tunjukkan.

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Cerita Gilang dan tag . Tandai permalink.

17 Balasan ke Skateboard Untuk Gilang

  1. randika... berkata:

    hai gilang….dika mau tanya dong klo mau beli sepatu avo dimna..tolong di bantu yh….08977773510.ni no saya randika

  2. dreamer berkata:

    Jadwal anak saya masih berubah2, kadang selasa,kamis atau jumat… kang, klo oleh tau gilang terapi sejak kpn? Trs gilang cp tipe apa? Anak saya menurut dokter cp tipe spastik yaitu terlalu kaku, tapi lama kelamaan malah anak saya terlalu lemah spt ga punya tulang.

  3. dreamer berkata:

    Akang, anak saya juga cp dan terapi dirs.hermina bogor,sepertinya tetapis kita sama, yg difoto itu mba ade ya?

  4. Titik Asa berkata:

    Muga-muga aya perkembangan baik kanggo Gilang, Kang. Sim kuring mung tiasa ngiring ngadu’akeun ti katebihan. Muga Akang oge tetep sumanget…

    Salam ti katebihan,

  5. Ketykeket berkata:

    yang akang nonton itu di kick andy ak juga benar2 terharu lho kang, bahkan pernah ke sekolah mereka dan mereka semua pernah di undang di acara ulang tahun angkatan saya di kampus..benar2 menginspirasi mreka semua….dedek gilang pun demikian….Allah kuatkan dek gilang karena dukungan penuh kasih…..salam buat dedek gilang…^^

  6. Ketykeket berkata:

    semangat dedek gilang…dapat salam manis dari semarang ^^

  7. danirachmat berkata:

    Semangat Kang. Bukan menyerah, tapi selalu berupaya untuk menjajaki yang terbaik untuk Gilang.🙂

  8. lieshadie berkata:

    Eits..Gilang cakep deh…apalagi pake skateboard…semangat Gilang, pasti kamu bisaaa….!!

  9. duniaely berkata:

    Semoga tetap semangat ya kang

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s