Tadarus Gadget

gadget2

Assalamu’alaikum sahabat blogger. Selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan bagi sahabat akang yang menjalankannya. Semoga bisa menghantarkan kita semua menjadi insan taqwa. Seperti tahun-tahun sebelumnya yang kita jalani setiap bulan puasa. Semangat untuk membaca qur’an (tadarus) tampak semarak disekitar kita. Waktu selepas sholat dhuhur adalah waktu favorit bagi sho’imin (orang yang menjalankan puasa) untuk membaca qur’an. Waktu yang biasanya dipakai untuk makan siang diganti dengan tadarusan demi mengejar target masing2 yang ditetapkan sebelumnya. Ada yang mengejar khatam satu kali maupun dua kali dalam sebulan.

gadget3

Namun kini ada yang berbeda dalam menjalankannya dibanding beberapa tahun sebelumnya. Dulu tadarusan menggunakan mushaf qur’an yang biasanya disediakan disetiap masjid. Kalaupun tidak, biasanya sho’imin membawa mushaf masing2 yang berukuran kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Setiap selesai tadarusan, pembatas buku digunakan untuk menandai sampai ayat mana yang terakhir dibaca. Untuk kemudian dilanjutkan kembali saat ada kesempatan. Kini mushaf qur’an mulai digantikan fungsinya dengan berbagai macam gadget. Bukan sesuatu yang aneh saat ini di berbagai macam gadget mulai dari ponsel, tablet dan laptop terdapat aplikasi qur’an. Dari mulai aplikasi yang hanya menyediakan bacaan hingga aplikasi yang lengkap dengan terjemahan dan audio yang diisi dengan suara imam2 ternama dari Masjidil Haram ataupun masjid utama lainnya.

gadget1
Mushaf2 qur’an yang disediakan di masjid2 kini semakin jarang digunakan oleh para jemaahnya. Dengan alasan kepraktisan dan kemudahan banyak diantara kita yang lebih memilih tadarusan menggunakan gadget daripada menggunakan mushaf qur’an. Nah sahabat blogger sendiri lebih memilih tadarusan menggunakan mushaf atau menggunakan gadget nih ???

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag . Tandai permalink.

12 Balasan ke Tadarus Gadget

  1. aksaranomaden berkata:

    Tetep lebih nyaman pakai mushaf. Pakai qur’an gadget biasanya kalo lagi di luar rumah atau pas mati lampu tapi lagi ngejar target tilawah hehehe. Tapi hati-hati juga ada aplikasi qur’an yang agak keliru penulisan ayatnya. Untungnya bukan aplikasi populer dan terus diupdate sama developer aplikasinya.

  2. Vicky Laurentina berkata:

    Aduh..saya belom tadarusan bulan ini. Makasih sudah ngingetin ya Kang..

  3. Orin berkata:

    mushaf aja kang, asa riweuh ngaji pake gadget gitu mah, susah untuk terbiasa kalo Orin mah hihihihi

  4. indri berkata:

    masih suka pakai mushaf. soalnya pakai gadget kurang gede n harus loading online untuk qur’an digital🙂

  5. Nurimzaidin berkata:

    Assalamu’alaykum akhi.. lama tak main ke rumah nih.🙂

    semoga antum dan keluarga sehat selalu.

    ane termasuk yang suka mbaca al quran dari gadget, lebih simpel . hehe

    • abi_gilang berkata:

      Wa’alaikum salaam. Alhamdulillah semua dalam keadaan sehat wal afiat🙂 Pastinya lagi sibuk ngejar target tilawah nih. Semoga lebih semangat dan lebih berkah ya…Amiiin🙂

  6. duniaely berkata:

    Met puasa ya kang🙂

    Aku termasuk yang nggak tergantung sama Gadget kang, nganggur tuh Smartphone hadiah kejutan suami November lalu😀

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s