Sepakbola Kertas

paperfootball1

Untuk bisa bermain dengan anak kecil maka kita dituntut untuk kembali menjadi anak-anak. Hal ini terkadang terasa sulit pada awalnya. Namun dengan semakin sering melakukannya hal ini semakin terasa mudah. Mengajak bermain anak kecil tidaklah selalu harus menggunakan mainan yang memang dibuat khusus untuk anak-anak. Segala benda yang ada disekitar kita seringkali bisa dijadikan sebagai mainan yang tak kalah menyenangkan untuk anak. Perkembangan otak anak terutama diusia balita memang dalam tahap yang menakjubkan. Banyak para ahli yang menyatakan saat balita adalah saat keemasan dalam perkembangan otak anak. Sehingga apapun hal ada disekitar anak bisa jadi merupakan pelajaran berharga bagi tumbuh kembang mereka.

Pernahkah kita membelikan sebuah mainan untuk anak. Seringkali mainan yang bisa jadi berharga mahal hanya butuh waktu sepuluh menit untuk menarik perhatian anak dari hal lainnya. Setelah itu anak menjadi bosan dengan mainan yang baru saja dimilikinya. Bahkan bisa jadi anak kemudian malah tertarik dengan kemasan dari mainan yang baru dibeli. Hal ini dikarenakan kecepatan daya serap anak terhadap hal baru yang ditangkapnya begitu tinggi.

paperfootball3

Kali ini akang ingin bercerita tentang permainan yang lagi disenangi Akbar yaitu sepakbola kertas. Tentu saja bukan tentang sepakbola diatas kertas yang sering dikatakan oleh para komentator sepakbola. Sepakbola kertas yang akang maksud adalah benar-benar sepakbola yang perlengkapannya terbuat dari kertas. Sepasang gawang terbuat dari kertas, dua pemain bola terbuat dari kertas dan bolanya sendiri juga terbuat dari kertas. Pada mulanya akang memainkan sepakbola kertas ini hanya menggunakan kertas untuk membuat sepasang gawang dan sebuah bola. Untuk “menendang” bola cukup dengan menyentil bola dengan jari. Bola diarahkan ke gawang dengan disentil dalam permainan yang berlangsung bergantian. Namun dalam permainan terakhir, akbar menggunakan sebuah kertas yang dilipat dan dijadikan sebagai “pemain”. Mungkin akbar melihat temannya yang lebih besar juga memainkan permainan tersebut.

paperfootball2

Gawang terbuat dari kertas yang dilipat sedemikian rupa sehingga membentuk bentuk gawang. Bola dibuat dengan cara menggulung kertas hingga berbentuk bulat dengan besar sesuai kebutuhan. Pemain dibuat dari kertas yang dilipat membentuk persegi-panjang kemudian ditekuk membentuk sudut. Cara menendang bola adalah dengan meletakkan bola persis didepan kertas pemain (yang dilipat) dengan sudut lipatan menghadap keatas. Pukul sudut lipatan (kertas pemain) hingga bola yang menempel didepannya tersentak kearah depan. Arahkan bola menuju arah gawang lawan. Lakukan tendangan secara bergantian. Dijamin anak akan merasa senang memainkan permainan sepakbola kertas ini.

Tentang Ade Sadikin

The ordinary people
Pos ini dipublikasikan di Cerita Akbar dan tag , . Tandai permalink.

15 Balasan ke Sepakbola Kertas

  1. Tiara berkata:

    hahaa, ini game yang ga ada di play store.
    saya dulu sukanya nontonin temen-temen maen begini, atau ga balapan mobil tapi pake bolpen yang dijatuhin. coretannya ntar yang nentuin sejauh mana “mobil” anda melaju hehee.

Ada komentar??? tulis aja...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s